ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON (TKB) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 SINGARAJA

I Ketut Kanianta

Abstract


ABSTRAK

Studi evaluatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas implementasi standar proses pembelajaran mata pelajaran produktif pada jurusan TKB di SMK N 3 Singaraja, ditinjau dari segi konteks, input, proses dan produk.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif dengan mengadopsi model evaluasi CIPP (Context, Input, Process and Product). Subjek penelitian adalah kepala SMK N 3 Singaraja 1 orang, staf manajemen sebanyak 4 orang, kepala program keahlian 1 orang, guru pengajar produktif sebanyak 17 orang, pegawai jurusan TKB sebanyak 5 orang, dan siswa-siswa jurusan TKB sebanyak 118 orang.

Data dikumpulkan dengan kuisioner, observasi dan studi dokumen. Konteks, input dan proses diukur menggunakan kuisioner. Nilai ujian kompetensi dan nilai ujian sekolah dikumpulkan dengan studi dokumen. Observasi dilakukan sebagai upaya triangulasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan kuadran  Glickman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran mata pelajaran produktif pada jurusan TKB di SMK N 3 Singaraja dari segi konteks termasuk kriteria efektif, dari segi input dengan kriteria efektif, dari segi proses termasuk kriteria kurang efektif, dan dari segi produk baik pada komponen nilai akademis maupun nilai non akademis termasuk kriteria kurang efektif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.