PENGARUH PENERAPAN DAN PENGELOLAAN MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012)

I MADE KAWIYASA

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendekatan resolusi konflik  terhadap prestasi belajar dilihat dari tingkat sikap sosial siswa kelas XI di SMAN 1 Kuta Selatan. Tujuan tersebut dapat dirinci lagi menjadi beberapa tujuan khusus penelitian, yaitu : (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar PKn antara pembelajarannya menggunakan pendekatan resolusi konflik dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional, (2)  Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar PKn pada  siswa yang memiliki sikap sosial tinggi antara pembelajarannya menggunakan resolusi konflik dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional, (3) mengetahui perbedaan prestasi PKn pada siswa yang memiliki sikap sosial rendah antara yang pembelajarannya menggunakan resolusi konflik dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional, dan (4) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara penggunaan pendekatan resolusi konflik dan sikap sosial terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI SMAN 1 Kuta Selatan.

Penelitian ini menggunakan rancangan  penelitan eksperimen dalam bentuk post test only control group design, dengan rancangan faktorian 2x2 yang melibatkan tiga variabel, yang terdiri dari dua variabel bebas  dan satu variabel terikat. Variabel bebas pertama adalah pendekatan resolusi konflik (A) sebagai variabel perlakuan dan variabel bebas kedua adalah sikap sosial (B) sebagai variabel moderator, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar PKn. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kuta selatan pada semester genap pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan multistage Random Sampling. Pengujian terhadap hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan  teknik Analisys of varians (ANOVA) dua jalur.

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar  PKn antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan resolusi konflik dengan  siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan  konvensional, (2)  terdapat perbedaan  prestasi belajar PKn antara siswa yang  pembelajarannya menggunakan  pendekatan resolusi konflik  dengan  siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan  konvensional pada siswa yang memiliki sikap sosial tinggi,  (3)  terdapat perbedaan  prestasi belajar PKn antara siswa yang  pembelajarannya menggunakan  pendekatan resolusi konflik  dengan  siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan  konvensional pada siswa yang memiliki sikap sosial rendah, (4) terdapat pengaruh interaksi antara

penggunaan pendekatan resolusi konflik dan sikap sosial terhadap prestasi belajar  PKn pada siswa kelas XI SMAN 1 Kuta Selatan.

 

Kata Kunci : Model  pembelajaran  inovatif,  pendekatan resolusi konflik, pendekatan konvensional, sikap sosial, prestasi belajar PKn.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.