PENGARUH PENERAPAN DAN PENGELOLAAN MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendekatan resolusi konflik terhadap prestasi belajar dilihat dari tingkat sikap sosial siswa kelas XI di SMAN 1 Kuta Selatan. Tujuan tersebut dapat dirinci lagi menjadi beberapa tujuan khusus penelitian, yaitu : (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar PKn antara pembelajarannya menggunakan pendekatan resolusi konflik dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional, (2) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar PKn pada siswa yang memiliki sikap sosial tinggi antara pembelajarannya menggunakan resolusi konflik dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional, (3) mengetahui perbedaan prestasi PKn pada siswa yang memiliki sikap sosial rendah antara yang pembelajarannya menggunakan resolusi konflik dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional, dan (4) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara penggunaan pendekatan resolusi konflik dan sikap sosial terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI SMAN 1 Kuta Selatan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitan eksperimen dalam bentuk post test only control group design, dengan rancangan faktorian 2x2 yang melibatkan tiga variabel, yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas pertama adalah pendekatan resolusi konflik (A) sebagai variabel perlakuan dan variabel bebas kedua adalah sikap sosial (B) sebagai variabel moderator, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar PKn. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kuta selatan pada semester genap pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan multistage Random Sampling. Pengujian terhadap hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Analisys of varians (ANOVA) dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar PKn antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan resolusi konflik dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar PKn antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan resolusi konflik dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional pada siswa yang memiliki sikap sosial tinggi, (3) terdapat perbedaan prestasi belajar PKn antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan resolusi konflik dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional pada siswa yang memiliki sikap sosial rendah, (4) terdapat pengaruh interaksi antara
penggunaan pendekatan resolusi konflik dan sikap sosial terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI SMAN 1 Kuta Selatan.
Kata Kunci : Model pembelajaran inovatif, pendekatan resolusi konflik, pendekatan konvensional, sikap sosial, prestasi belajar PKn.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.