STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD, MANDIRI DENGAN LKS DAN KONVENSIONAL DI KELAS X SMAN 1 DAWAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan antara penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Mandiri Dengan LKS Dan Konvensional terhadap prestasi belajar Geografi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas X SMA N 1 Dawan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Dawan melalaui eksperimen, dengan menggunakan tiga variabel bebas yaitu (1) pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, (2) Mandiri dengan LKS dan (3) pembelajaran Konvensional dengan variabel terikanya adalah prestasi belajaran Geografi. Sampel penelitian ini berjumlah 111 orang siswa kelas X dengan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan ANAVA satu jalur yang selanjutnya diuji dengan uji-Scheffe.
Hasil dalam penelitian ini adalah rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD (µA1) sebesar 43,35, pembelajaran mandiri dengan LKS (µA2) sebesar 41,78, dan pembelajaran konvensional (µA3) sebesar = 39,19. Kemudian untuk perhitungan ANAVA satu jalurnya diperoleh Fh = 10,609 > Ft = 3,07 yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima, maka selanjutnya diuji dengan uji scheffe. Hasil uji-Scheffe diperoleh 1) t1-2= 1,718 bila dibandingkan dengan ttabel= 1,684, harga t1-2 > ttabel ini berarti signifikan, 2) t1-3= 4,56 bila dibandingkan dengan ttabel= 1,684, harga t1-3 > ttabel ini berarti signifikan, dan 3) t2-3= 2,843 bila dibandingkan dengan ttabel = 1,684, harga t2-3 > ttabel ini berarti signifikan dengan db = 108
Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar geografi antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD, mandiri dengan LKS dan konvensional (2) Bagi siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik prestasi belajarnya dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran mandiri dengan LKS dan konvensional (3) Bagi siswa yang mengikuti pembelajaran mandiri dengan LKS lebih baik prestasi belajarnya dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional terbukti rata-rata pretasi belajar geografi siswa sebesar 41,78
Berdasarkan pada temuan-temuan tersebut diatas, secara umum siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD paling baik prestasi belajar geografinya, dibandingkan dengan mandiri dengan LKS dan konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Dawan.
ABSTRACT
This study aimed at finding out and analyze Comparring studi type of cooparative STAD learning, base worksheet student of learning and convensional learning for geography learning Achievement. This study was conducted at SMA N 1 Dawan trought an eksperiment. The independent varriable of the study was type of cooparative STAD learning, base worksheet student of learning, convensional learning where as the dependent variable of the study was geography learning achievement. The sample of this study consisted of 111 tenth year students that were selected by using Random Sampling. The data obtained were analyzed by ANAVA One Path (Analysis of Varians), which was followed by Scheffe test.
The result of this study were the mean of students who followed type of cooparative STAD learning (µA1) was 43,35, the mean of students who followed base worksheet student of learning (µA2) was 41,78, and the mean of students who followed convensional learning (µA3) was 39,19. And then account of univariat gets Fh = 10,609 > Ft = 3,07 its mean Ho cancel and Hi receive, so it must be test by Scheffe test. The result of Scheffe test were 1) t1-2= 1,718 if it compared with ttabel= 1,684, the value of t1-2 > ttabel that mean was significant, 2) t1-3= 4,56 if it compared with ttabel= 1,684, the value of t1-3 > ttabel that mean was significant, and 3) t2-3= 2,843 if it compared with ttabel = 1,684, the value of t2-3 > ttabel that mean was significant with db = 108.
From the result of the research it could be cocluded that (1) There was different value in geography learning between students who followed type of cooparative STAD learning, base worksheet student of learning, convensional learning, (2) For the student who followed type of cooperative STAD learning higher than type of base worksheet student of learning and convensional learning , and (3) For the student who followed base worksheet student of learning higher than convensional,
Based on the findings of the study, in general the student who followed type of cooperative STAD was the best learning achivement if it compared with student who followed base of worksheet student and convensional learning at grade tenth in SMA 1 Dawan.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.428
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.