PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW II TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DITINJAU DARI SIKAP ( STUDI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI I TEGALLALANG GIANYAR)

I. Nyoman Arinata

Abstract


ABSTRAK

Kata Kunci :Teknik Jigsaw II, Sikap, Kemampuan Membaca Bahasa Inggris.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknik Jigsaw II terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris dengan pengendalian sikap. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tegalalang Gianyar tahun pelajaran 2011/20122 yang berjumlah 168 orang. Ukuran sampel 90 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan 2 tes yaitu tes sikap dan tes kemampuan membaca bahasa Inggris. Data dianalisis dengan analisis kovarian (ANACOVA)

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran koperatif teknik Jigsaw II dengan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan F hitung = 37,442> Ftabel = 3,96, harga ini signifikan pada taraf 5%.  Kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran koperatif teknik Jigsaw II lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran koperatif teknik Jigsaw II dengan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional setelah diadakan pengendalian sikap, dengan Fhitung = 37,492> Ftabel = 3,96, harga ini signifikan pada taraf 5%. Kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran koperatif teknik Jigsaw II  lebih tinggi  dibandingkan dengan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional setelah diadakan pengendalian sikap. 3) Kontribusi sikap terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran koperatif teknik Jigsaw II sebesar 26 %, sedangkan kontribusi sikap terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional adalah  25,4 %.

 

ABSTRACT

 

Key Words:Jigsaw II technical, reading comprehension achievement, Attitude

This research aimed at finding out  the impact of influence upon students’ reading comprehension achievement. The study was quasi experimental study using the posttest only control group design. The population of this research was 168 students grade  XI of SMA. N. 1 Tegallalang Gianyar academic year 2011/2012.  Ninety students were selected samples by random sampling  technique. The data gathered using two tests, Attitude Test and Reading Comprehension Test. The obtained data  analyzed using ANACOVA.

The result, of the study showed that (1) There was a significant difference in reading comprehension achievement of students studied with Jigsaw II Technique and those who studied with conventional one with Fobserved =  37,442 > Fcv = 3,96 significant at 5%  level of  significance. Students’ reading comprehension achievement who studied with Jigsaw II Technique was higher than those who studied with the conventional one. 2) After The Attitude was controlled, there was a significant difference in reading comprehension achievement of students studied with Jigsaw II Technique and those who studied with conventional one with Fobserved = 37,492 > Fcv = 3.96, significant at 5% level of significance. After the Attitude was controlled, students’ reading comprehension achievement studied in Jigsaw II Technical was higher than those studied with the conventional one. (3) The Attitude of students studied with Jigsaw II Technique contributes 26 % to their reading comprehension achievement, meanwhile Attitude of students studied with   conventional strategy contributes 25,4 % to their reading comprehension achievement.

The above findings indicate that  Jigsaw II technique has a prominent impact on reading comprehension  of students of SMA N 1 Tegallalang Gianyar grade  eleven  in the academic year 2011/2012  of with  or without the presence of attitude.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.