STUDI EVALUASI EFEKTIVITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) PADA SMP SARASWATI 1 TABANAN

I Wayan Suditha

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan manajemen berbasis sekolah di SMP Saraswati 1 Tabanan ditinjau dari variabel konteks, input, proses, dan produk. 2) Untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di SMP Saraswati 1 Tabanan.

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Saraswati 1 Tabanan pada tahun 2011, dengan menggunakan dua pendekatan penelitian yakni kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dipergunakan untuk mengungkap efektivitas penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMP Saraswati 1 Tabanan. Sedangkan pendekatan kualitatif dipergunakan untuk mendeskripsikan kendala-kendala dari penerapan manajemen berbasis sekolah dan alternatif pemecahannya. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, pegawai dan komite sekolah. Instrumen yang dipergunakan dalam mengumpulkan data adalah: kuesioner, lembar observasi dan pedoman wawancara.

Dari penelitian ini ditemukan. 1) Hasil evaluasi terhadap penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) pada SMP Saraswati 1 Tabanan dengan menggunakan evaluasi program model CIPP diperoleh hasil sangat efektif. 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) pada SMP Saraswati 1 Tabanan adalah rendah dan kurangnya hal-hal berikut yaitu; aspirasi masyarakat terhadap pendidikan, status sosial ekonomi masyarakat, sasaran sekolah, keberadaan siswa, sikap kemandirian, proses pengelolaan program, proses kerjasama dan partisipasi, kemandirian sekolah dan sustainbilitas. Upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kendala-kendala tersebut adalah dengan penggalian dukungan masyarakat, perbaikan cara pandang masyarakat, pensosialisasian program, pemberdayaan komite sekolah dan meningkatkan kemandirian sekolah

 

Kata kunci : Studi Evaluasi, Manajemen Berbasis Sekolah

 

 

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study were 1) To describe the effectiveness of school-based management implementation in SMP Saraswati 1 Tabanan in terms of context variables, inputs, processes, and products. 2) To describe the obstacles encountered in implementing school-based management in SMP Saraswati 1 Tabanan.

The research was carried out in the SMP Saraswati 1 Tabanan in 2011, using two approaches namely quantitative and qualitative research. Quantitative approach is used to reveal the effectiveness of the implementation of school-based management (SBM) in Tabanan 1 SMP Saraswati. While the qualitative approach is used to describe the constraints of the implementation of school-based management and alternative solutions. The subject of this research is the principal, teachers, staff and school committee. Instruments used in collecting data are: questionnaires, observation and interview guide sheet.

From the study found. 1) The evaluation of the implementation of school-based management (SBM) in Tabanan SMP Saraswati 1 by using the CIPP model of program evaluation results obtained are very effective. 2) constraints encountered in implementing school-based management (SBM) on SMP Saraswati 1 Tabanan is low and the lack of the following matters, namely: the people's aspirations for education, socioeconomic status, school goals, the presence of students, the attitude of independence, the program management, process collaboration and participation, independence and sustainbilitas school. Efforts to do to overcome these obstacles is by digging community support, improvements to public view, pensosialisasian programs, empowerment of school committees and increase school autonomy

 

Keywords :

Study Evaluation, Management Base on School


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.