STUDI EVALUASI KESIAPAN PELAKSANAAN PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL PADA SMA NEGERI 7 DENPASAR

Ni Ketut Ayu Marlina Dewi Arthika

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang tingkat kesiapan komponen konteks, input, proses, dan produk dalam mendukung pelaksanaan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, kendala, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam memperisiapkan SMA Negeri 7 Denpasar sebagai sekolah rintisan bertaraf internasional. Penelitian ini melibatkan 40 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama, lembar observasi, dan pencatatan dokumen sebagai instrumen pendukung. Kesiapan program dianalisis dengan model CIP. Untuk menentukan kesiapan pelaksanaa program, skor mentah ditransformasikan ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam prototype Glickman. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesiapan pelaksanaan program rintisan sekolah bertaraf internasional di SMA Negeri 7 Denpasar tergolong dalam kategori sangat siap ditinjau dari komponen konteks, input, maupun proses.

 

Kata kunci: studi evaluasi, kesiapan, rintisan sekolah bertaraf internasional


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.