STUDI EVALUASI KESIAPAN PELAKSANAAN PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL PADA SMA NEGERI 7 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.452Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang tingkat kesiapan komponen konteks, input, proses, dan produk dalam mendukung pelaksanaan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, kendala, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam memperisiapkan SMA Negeri 7 Denpasar sebagai sekolah rintisan bertaraf internasional. Penelitian ini melibatkan 40 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama, lembar observasi, dan pencatatan dokumen sebagai instrumen pendukung. Kesiapan program dianalisis dengan model CIP. Untuk menentukan kesiapan pelaksanaa program, skor mentah ditransformasikan ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam prototype Glickman. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesiapan pelaksanaan program rintisan sekolah bertaraf internasional di SMA Negeri 7 Denpasar tergolong dalam kategori sangat siap ditinjau dari komponen konteks, input, maupun proses.
Â
Kata kunci: studi evaluasi, kesiapan, rintisan sekolah bertaraf internasional