DETERMINASI LATIHAN KERJA, KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI KELOMPOK TEKNOLOGI DAN REKAYASA DI KABUPATEN BULELENG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingginya determinasi variabel,:(1) latihan kerja, (2) kompetensi kewirausahaan, dan (3) bimbingan karier,terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri kelompok teknologi dan rekayasa diKabupaten Buleleng.Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan denganpendekatan ex-post facto melalui studi korelasional dengan jumlah populasi361orang siswa SMK Negeri kelompok teknologi dan rekayasa di KabupatenBuleleng.Jumlah anggota sampel adalah 180 orang siswa yang diambil secaraproporsional pada setiap Kompetensi Keahlian, data penelitian dikumpulkanmelalui angket.Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptifkuantitatif sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat determinasi yangsignifikan dari latihan kerja dengan sumbangan efektif sebesar 18,47%, darikompetensi kewirausahaan dengan sumbangan efektif sebesar 16,85%, daribimbingan karier terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri kelompok teknologidan rekayasa di Kabupaten Buleleng dengan sumbangan efektif sebesar 18,35%,Berdasarkan temuan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa; latihankerja, kompetensi kewirausahaan, dan bimbingan karier memiliki determinasiyang sangat tinggi terhadap kesiapan kerja sisiwa SMK Negeri kelompokteknologi dan rekayasa di Kabupaten Buleleng.
Kata kunci : latihan kerja, kompetensi kewirausahaan, bimbingan karier, dankesiapan kerja siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.