ANALISIS BIAYA PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN ASPIRASI PENDIDIKAN SISWA (STUDI TENTANG PERSEPSI PARA SISWA SMA DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012)

Ida Ayu Estri Sanjiwani

Abstract


ABSTRAK

Kata kunci : Biaya Pendidikan, Kualitas Proses Pembelajaran, dan AspirasiPendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rata – rata biaya yangdikeluarkan siswa menyangkut biaya langsung dan biaya tidak langsung dalammendukung proses pembelajaran, (2) persepsi siswa terhadap kualitas output dariproses pembelajaran yang diterima di sekolah, (3) kecenderungan kualitas aspirasipendidikan siswa pada pendidikan saat sekarang, pendidikan lanjut dan ekspektasikarier, (4) korelasi biaya pendidikan secara simultan terhadap kualitas prosespembelajaran dan aspirasi pendidikan siswa di SMA Dwijendra Denpasar tahunajaran 2011 / 2012.Penelitian ini termasuk ex post facto korelasional dengan sampel siswa diSMA Dwijendra Denpasar yang berjumlah 235 orang. Data dikumpulkan dengankuesioner model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan korelasipearson product moment dan analisis kanonik.Hasil analisis ditemukan: (1) Rata-rata biaya yang dikeluarkan siswaunggulan SMA Dwijendra Denpasar menyangkut biaya langsung sebesar Rp.5.346.382 setahun, dan biaya tidak langsung sebesar Rp. 4.200.000. (2) terdapatkorelasi yang signifikan antara biaya pendidikan dengan kualitas prosespembelajaran pada SMA Dwijendra Denpasar dengan koefisien korelasi (rx1y)sebesar 0,302, sedangkan r tabel sebesar 0,098 (n = 235) pada taraf signifikansi5% (3) terdapat korelasi yang signifikan antara biaya pendidikan terhadapaspirasi pendidikan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,229, sedangkan rtabel sebesar 0,098 (n = 235) pada taraf signifikansi 5%, (4) terdapat korelasiantara biaya pendidikan secara simultan dengan kualitas proses pembelajaran danaspirasi pendidikan siswa dengan koefisisen korelasi kanonik (CR) sebesar 0,781sehingga CR2 = 0,6099. Artinya 60,99% variasi yang terjadi pada biayapendidikan dapat dijelaskan oleh kualitas proses pembelajaran dan aspirasipendidikan.Dapat disimpulkan bahwa, biaya pendidikan memiliki korelasi yangsignifikan dengan kualitas proses pembelajaran dan aspirasi pendidikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.