PENGARUH SUPERVISI KOLABORATIF BERBASIS EVALUASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN DITINJAU DARI KONSEP DIRI PADA GURU GUGUS III KECAMATAN SUKAWATI

Ida Bagus Suragantara

Abstract


ABSTRAK

Kalimat kunci: supervisi kolaboratif berbasis evaluasi diri, supervisi direktif, konsep diri,kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan (1) perbedaan kemampuanguru mengelola proses belajar mengajar antara yang disupervisi dengan pendekatankolaboratif berbasis evaluasi diri dan pendekatan direktif, (2) pengaruh interaksi antarapendekatan supervisi pengajaran dan konsep diri guru terhadap kemampuan guru mengelolaproses belajar mengajar, (3) perbedaan kemampuan guru mengelola proses belajar mengajarantara guru yang disupervisi dengan pendekatan kolaboratif berbasis evaluasi diri dandirektif pada guru yang memiliki konsep diri tinggi, dan (4) perbedaan kemampuan gurumengelola proses belajar mengajar antara guru yang disupervisi dengan pendekatankolaboratif berbasis evaluasi diri dan direktif pada guru yang memiliki konsep diri rendah.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan pre-tes and posttescontrol group design. Guru Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Sukawati yangberjumlah 76 orang tahun pelajaran 2010/2011. Data dikumpulkan dengan kuesioner untukkonsep diri dan lembar observasi untuk mengukur kemampaun guru dalam mengelola prosespembelajaran. Data dianalisis dengan analisis varians dua jalur dan dilanjutkan dengan ujiTukey.Hasil yang diperoleh (1) ada perbedaan kemampuan guru dalam mengelola prosesbelajar antara yang disupervisi dengan pendekatan kolaboratif berbasis evaluasi diri danpendekatan direktif (FAhitung = 10,273; p < 0,05), (2) ada pengaruh interaksi antara supervisipengajaran dan konsep diri guru terhadap kemampuan guru mengelola proses belajarmengajar (FABhitung = 48,630; p<0,05), (3) ada perbedaan kemampuan guru mengelola prosesbelajar mengajar antara guru yang disupervisi dengan pendekatan kolaboratif berbasisevaluasi diri dan direktif pada guru yang memiliki konsep diri tinggi (Qhitung =10,178 > Qtabel(=0,05) =3,960), dan (4) ada perbedaan kemampuan guru mengelola proses belajar mengajarantara guru yang disupervisi dengan pendekatan kolaboratif berbasis evaluasi diri dan direktifpada guru yang memiliki konsep diri rendah (Qhitung = 4,590 > Qtabel (=0,05) =3,960).Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatansupervisi kolaboratif berbasis evaluasi diri terhadap kemampuan guru dalam mengelolaproses belajar mengajar pada guru gugus III Kecamatan Sukawati Gianyar. Dengan demikiandisarankan pada kepala sekolah menerapkan supervisi kolaboratif berbasis evaluasi diri bagiguru yang memiliki konsep diri tinggi, dan supervisi direktif bagi guru yang memiliki konsepdiri rendah.Data tentang konsep diri guru dikumpulkan dengan kuisioner data kemampuan gurumengelola proses pembelajaran dengan lembar observasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.