PENGARUH PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS DISKUSI KELOMPOK KECIL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KONSEP KEBIDANAN DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN KARTINI BALI TAHUN 2012

NI MADE BUDIANING

Abstract


ABSTRAK

Kata kunci : Diskusi Kelompok Kecil, Prestasi Belajar Dan Motivasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan pembelajaranberbasis diskusi kelompok kecil terhadap prestasi belajar mata kuliah konsepkebidanan pada mahasiswa semester I Akademi Kebidanan Kartini Bali tahun2011. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancanganThe Posttest-Only Control Group Design dengan melibatkan sampel sebanyak 76responden. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik simplerandom sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkandata adalah tes. Tes yang digunakan dalam menjaring data ada dua yaitu tesmotivasi dan tes prestasi belajar konsep kebidanan. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesismenggunakan analisis anova dua jalur.Hasil analisis data menunjukkan hasil perhitungan uji ANAVA untukpengujian hipotesis pertama di peroleh Fhitung = 4,751, Sig. 0,000, dan F tabel untuktaraf signifikansi 5% = 3,90. Hasil dari perhitungan uji ANAVA untuk pengujianhipotesis kedua di peroleh F hitung = 57,172, Sig. 0,000, dan F tabel untuk tarafsignifikansi 5% = 3,90. Hasil dari perhitungan uji ANAVA untuk pengujianhipotesis ketiga di peroleh Fhitung = 48,897, Sig. 0,00, dan F tabel untuk tarafsignifikansi 5% = 3,90. Hipotesis keempat dari perhitungan uji ANAVA untukpengujian hipotesis keempat di peroleh Fhitung = 14,063 Sig. 0,001, dan F tabel untuktaraf signifikansi 5% = 3,90. Penemuan penelitian ini adalah motivasi tinggi danmotivasi rendah memberikan pengaruh yang sinergis terhadap prestasi belajarmata kuliah konsep kebidanan pada mahasiswa semeser I Akbid KebidananKartini Bali Tahun 2011.Implikasi dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran metode diskusikelompok kecil merupakan salah satu metode alternatif dalam kegiatanpembelajaran, (2) model pembelajaran diskusi kelompok kecil dan modelpembelajaran ceramah dalam penerapannya harus mempertimbangkankemampuan mahasiswa, dan (3) dilakukan evaluasi yang terdiri atas prosespembelajaran dan hasil pembelajaran secara proporsional. Berdasarkan hasilpenelitian ini dianjurkan kepada para dosen untuk menggunakan diskusikelompok kecil pada materi-materi kebidanan yang sesuai.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.