KONTRIBUSI SUPERVISI AKEDEMIK KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI BERTARAF INTERNASIONAL DI KABUPATEN

Ni Made Muter

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi (1) supervisiAkademik kepala sekolah, (2) kompetensi guru dalam penyusunan administrasipembelajaran, (3) motivasi kerja guru baik secara tunggal, maupun simultanterhadap implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan .Populasi subyek penelitian ini adalah seluruh guru SMA RSBI di KabupatenGianyar yang berjumlah 125 orang, (study sensus), Semua anggota populasidijadikan responden, pemelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto.melibatkan tiga variable bebas, Supervisi Akedemik Kepala Sekolah, KompetensiGuru Dalam Penyusunan Administrasi Pembelajaran dan Motivasi Kerja Guru.Data dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis regresisederhana,regresi ganda dan korelasi. parsialHasil analisis terhadap Implementasi KTSP ditemukan: (1) terdapatkontribusi yang signifikan supervisi akademik kepala sekolah melalui persamaanregresi Y = 24,577 + 0,508X1 dengan kontribusi sebesar 25,90% dan sumbanganefektif sebesar 17,30%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi gurudalam penyusunan administrasi pembelajaran melalui persamaan regresi Y =27,114+ 0,458X2 dengan kontribusi sebesar 21,10% dan sumbangan efektifsebesar 11,20%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja gurumelalui persamaan regresi Y = 35,534+ 0,289X3 dengan kontribusi sebesar 8,40%dan sumbangan efektif sebesar 5,50%, dan (4) terdapat kontribusi yang signifikansecara bersama-sama antara supervisi akademik kepala sekolah, kompetensi gurudalam penyusunan administrasi pembelajaran, dan motivasi kerja guru terhadapimplementasi KTSP pada SMA Negeri bertaraf Internasional di KabupatenGianyar melalui persamaan regresi Y = 11,256+ 0,341X1 + 0,244X2 +0,190X3dengan Freg = 20,781 (p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 34%. Dengan demikian ketiga variabel tersebut dapat dijadikan prediktor tingkatkecenderungan implementasi KTSP sekolah pada SMA bertaraf Internasional diKabuapten Gianyar.

Kata kunci: supervisi akademik kepala sekolah, kompetensi guru dalampenyusunan administrasi pembelajaran, motivasi kerja guru, implementasi KTSP


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.