KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PENGALAMAN MENGAJAR, BEBAN KERJA DAN KESEJAHTERAAN GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN BANGLI

Sang Ayu Eling Lestari

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pengelolaan pembelajaran matematika, pengalaman mengajar, beban kerja, dan kesejahteraan guru SMP Negeri di Kabupaten Bangli, dan mengetahui seberapa besar kontribusi pengalaman mengajar, beban kerja dan kesejahteraan guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran matematika guru SMP Negeri di Kabupaten Bangli. Penelitian ini penelitian ex-post facto, dengan populasi penelitian sebanyak 60 orang guru matematika di kabupaten Bangli. Pengambilan sampel menggunakan tehnik sensus, jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yakni 60 orang. Diperoleh hasil penelitian bahwa pengalaman mengajar guru SMPN di kabupaten Bangli tergolong sedang, beban kerja tergolong tinggi, kesejahteraan tergolong sedang, sedngkan kualitas pengelolaan pembelajaran tergolong baik, dan terdapat kontribusi yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara pengalaman mengajar, beban kerja dan kesejahteraan guru dengan kualitas pengelolaan pembelajaran matematika. Dapat disimpulkan bahwa variabel pengalaman mengajar, beban kerja dan kesejahteraan guru secara bersama-sama dapat menentukan kualitas pengelolaan pembelajaran.

Kata Kunci : Kualitas Pengelolaan Pembelajaran, Pengalaman Mengajar, Beban Kerja, Kesejahteraan Guru

 

ABSTRACT

This study aimed at: defining the mathematic teaching and learning management quality, teacher’s teaching experience, teacher’s workload and teacher’s prosperity at Junior High Schools (SMP) in Bangli Regency, and observing how vast was the contribution of teaching experince, teacher’s workload, and teacher’s prosperity to the mathematic teaching and learning management quality of teacher’s at Junior High Schools (SMP) in Bangli Regency. This was an ex post facto study with the population of 60 SMP mathematic teachers in Bangli regency. The results that  the teaching experience teachers of SMP in Bangli regency sufficient, the teacher’s workload was high, and teacher’s prosperity sufficient otherwise  the mathematic teaching and learning management quality was good,  and there was a positive contribution and significance between the teaching experience teachers of SMP ini Bangli regency, the teacher’s workload, the teacher’s prosperity and the mathematic teaching and learning management quality. On the basis of the findings above, it can be concluded that thevariables of teaching experience, workload, and teacher’s prosperity could determine teaching and learning management quality.

Key words : Mathematic Teaching and Learning Management Quality, Teacher’s Teaching Experience, Teacher’s Workload  Teacher’s Prosperity at Junior High Schools in Bangli Regency


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.