Pengaruh Model Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kintamani.

M. Widana, A. Suhandana, B. Atmadja

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berorientasi pemecahan masalah open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Biologi Siswa SMP Negeri 1 Kintamani”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kintamani dengan menggunakan rancangan “Post-Test Only Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kintamani tahun pelajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yang dibagi menjadi 4 kelas dengan jumlah 148 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan test kompetensi berpikir kritis dan test prestasi belajar biologi. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskritif dan inferensial, serta untuk uji hipotesis digunakan Multivariate Analysis of variance. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran berorientasi pemecahan masalah open-ended dan pembelajaran konvensional sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi antara siswa yang mengikuti pembelajaran berorientasi pemecahan masalah open ended dengan model pembelajaran konvensional dengan harga F = 17,754 dan p<0,05, (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran berorientasi pemecahan masalah open ended dengan model pembelajaran konvensional dengan harga F = 16,911 dan p<0,05, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan antara siswa yang diikuti dengan pembelajaran berorientasi pemecahan masalah Open-ended dengan model pembelajaran konvensional dengan harga F = 21,107 dan p<0,05. Berdasarkan temuan di atas, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran berorientasi pemecahan masalah open ended mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar biologi siswa.

Kata Kunci : Pemecahan masalah Open-ended, berpikir kritis, hasil belajar biologi.

Abstract

The study had been conducted at the SMP Negeri 1 Kintamani in order to find out the contribution of Open-Ended problem solving oriented instructional model  towards critical thinking ability and biology learning achievement of the students. This study was conducted based on Post-test Only Control Group Design,involving all students of class VII of SMP Negeri 1 Kintamani in 2009/2010.The samples were taken randomly by dividing them into 4 different classes with the total number of 148 students. The data were collected by using Critical Thinking Competency test and biology learning achievement test. They were analyzed by using descriptive and inferential statistics, as well as Multivariate Analysis of variance used to test the hypothesis.The independent variable of the study wasan Open-Ended problem solving oriented instructional model and a conventional model, while the dependent variable was a critical thinking ability and biology learning achievement. The results indicated that : (1)There was a significant different critical thinking ability and biology learning achievement of the students joining an Open-Ended problem solving oriented instructional model and those joining a conventional model with F value= 17.754 and p<0.05, (2) There was a significant different critical thinking ability and biology learning achievement of the students joining an Open-Ended problem solving oriented instructional model and those joining a conventional model with F value= 16.911 and p<0.05, (3) There was a significant different biology learning achievement of the students joining an Open-Ended problem solving oriented instructional model and those joining a conventional model with F value=21.107 and p<0.05.Based on the findings, the results of the study indicated that the Open-Ended problem solving oriented instructional model   could improve the students critical thinking ability and their biology learning achievement.

Key-words:Open-ended problem solving, critical thinking,biology learning achievement.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.