PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS CONTENTS TOEIC TERHADAP PRESTASI BAHASA INGGRIS DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK PADA SISWA KELAS X SMKN I BANGLI
Abstract
Abstrak
Tujuan utama penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bahasa inggris berbasis contents toeic terhadap prestasi bahasa inggris ditinjau dari kecerdasan linguistik pada siswa kelas X SMKN I Bangli. Penelitian ini dengan menggunakan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kalas X semester genap 2012/2013 yang berjumlah 256. Sampel penelitian berjumlah 192 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling.Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis varians (anava) dua jalur melalui uji f dan dilanjutkan dengan uji tukey. Hasil menunjukan bahwa : (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran berbasis contents toeic lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2)Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara teknik dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan tingkat kecerdasan linguistik siswa terhadap hasil belajar bahasa inggris. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Bahasa inggris siswa yang memiliki kemampuan kecerdasan linguistik tinggi dalam pembelajaran berbasis contents toeic dan pembelajaran konvensional. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Bahasa inggris siswa yang memiliki kemampuan kecerdasan linguistik rendah dalam pembelajaran berbasis contents toeic dan pembelajaran konvensional Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis contents toeic ditinjau dari kecerdasan linguistik berpengaruh terhadap Prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas X SMKN I bangli tahun pelajaran 2012-2013. Selanjutnya disarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk menggunakan pembelajaran berbasis contents Toeic
Kata kunci : Contents toeic, kecerdasan linguistik , prestasi bahasa inggris
ABSTRACT
This study was aimed, especially, to find out the effect of contents toeic-based towards learning achievement in English viewed from linguistic intelligence on tenth year students of SMK negeri 1 bangli. The research through an experiment with post test only control group design. The population in this study were all the first class of 256 students. The sample of this study consisted of 192 students which were selected by using random sampling technique. The collected data were analyzed with ANAVA (analysis of Varians) which was followed by Tukey test.The result of the study as follows (1) There was a significant difference of learning achievement of English between students who studied with of contents toeic based was better than students who studied by conventional based .(2) There was an significant effect between technigue learning of contents toeic-based and level linguistic intelligence students towards learning achievement in English (3) There was difference significant between achievement in English the students who had high linguistic intelligence ability on learning of contents toeic-based and learning conventional model (4) There was difference significant between achievement in English the students who had law linguistic intelligence ability on learning of contents toeic-based and conventional model. Based on the findings, it could be concluded that on learning of contents toeic-based viewed from linguistic intelligences influenced towards learning achievement in English especially for the tenth year students at SMKN I Bangli. it is suggested to English teacher to use contents toeic-based the in learning and teaching English.
Keywords : Contents toeic, linguistic intelligence, and achievement in English
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.