PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PADA SISWA KELAS X AKOMODASI PERHOTELAN SMK PGRI PAYANGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK PGRI Payangan, dengan rancangan Post Test Only Control Group Design dengan sampel 120 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data diolah dengan analisis varians dua jalur melalui uji F dan uji Tukey. Hasil penelitian: (1) hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika, (3) untuk siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi, hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada dengan pembelajaran konvensional, (4) untuk siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah, hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada dengan pembelajaran berbasis masalah. Kesimpulan: model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK PGRI Payangan.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kecerdasan Logis Matematis, Hasil Belajar Matematika.
Abstract
This study aimed at finding out and analyzing the effect of implementation problem based learning model towards mathematics learning output viewed from mathematic logical intelligence of the tenth grade Hotels Accommodation Students of SMK PGRI Payangan, with the master plan Post Test Only Control Group Design, for 120 students selected by random sampling technique. Data analyzis was done by using F test and Tukey test. The result: (1) the mathematic learning output of the students who studied through problem-based learning model was higher than who studied through conventional learning model, (2) There was an interaction effect between learning model and mathematic logical intellegence upon mathematic learning output, (3) the students with a high mathematic logical intellegence and studied through problem-based learning model had a higher mathematic learning output, (4) the students with a low mathematic logical intellegence and studied through conventional learning model had a higher mathematic learning output than who studied through problem-based learning model. Concluded that implementation problem-based learning model has an effect upon the student’s mathematic learning output viewed from mathematic logical intellegence of the tenth grade Hotels Accommodation Students of SMK PGRI Payangan.
Keywords : Problem Based Learning, Mathematic Logical Intellegence, Mathematic Learning Output.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.