TRANSFORMASI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 3 BADUNG

Pt. Mangku, Made Yudana, Ni Ketut Suarni

Abstract


ABSTRAK

Derasnya perkembangan IPTEK menuntut kesiapan SDM yang berkualitas dan memiliki kecakapan hidup agar mampu bersaing diera global ini. Selain SDM yang berkualitas pengembangan pendidikan dibidang ahlak dan moral harus mendapat prioritas sehingga distorsi dan gejolak sosial dimasyarakat tidak semakin meningkat.  Fenomena yang terjadi saat ini dinegara Indonesia tercinta ini adalah masalah-masalah yang berkaitan dengan moral, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Lebih spesifik permasalahan disekolah seperti tanggung jawab belajar siswa yang sangat rendah, kuatnya pengaruh perkembangan teknologi yang demikian pesat membuat pola pikir siswa kurang kreatif dan cendrung masa bodo.  Tujuan penelitian diantaranya untuk mengetahui pemahaman nilai-nilai karakter bangsa (moral knowing, moral feeling dan moral action)  sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa (mata pelajaran agama, budi pekerti dan PKN). Rancangan penelitian yang digunakan adalah ex-post-facto data dikumpulkan dengan kuesioner, dokumentasi dan observasi langsung. Hasil dari pada penelitian ini ditemukan adanya faktor penyebab atau pengaruh yang cukup besar dari nilai-nilai karakter bangsa terhadap hasil belajar siswa di SMK PGRI 3 Badung. Dari hasil perhitungan disimpulkan bahwa pengetahuan dan pemahaman nilai-nilai karakter bangsa yang baik dapat mempengaruhi hasil belajar siswa baik secara bersama-sama maupun terpisah. Dengan demikian nilai-nilai karakter bangsa dapat dijadikan prediktor tingkat kecendrungan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Moral Knowing, Moral Feeling, Moral Action.

 

Abstract

The widely development of technology obligated the human resources to have better qualities and life skills to prepare them faced the globalization. Beside HR the education development in human moral and values must put into the primary priority to decrease the social problems. The recent phenomena occurred in Indonesia concerned with moral problems which related into education field. Those  problems were such as; the low responsibility of the students, the strong effect of technology development which changed the students’ mind mapping into less creativities and being passive which was result the low achievement of the students. The aim of this study was to recognize the understanding of national characteristics values (moral knowing, moral feeling and moral action) to increase students’ achievement. In order to porpuse the aim of this study, Ex-post-facto was applied, in which questioner was administrated to collect the data as well as the direct observation and documentation. It is found there is a huge effect from national characteristics values toward students’ achievement in SMK PGRI 3 Badung. It is concluded that a good knowledge and understanding toward national characteristics values effects the students’ achievement simultaneously as well as separately.   Therefore, the national characteristics values can be performed as students’ achievement predictor toward students.

 

Keyword : Students’ Achievement, Moral Knowing, Moral Feeling, Moral Action

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.