DETERMINASI LINGKUNGAN SEKOLAH, DISIPLIN BELAJAR, DAN KUALITAS PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1). Determinasi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI 2 Denpasar, (2) Determinasi disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran di SMA PGRI 2 Denpasar, (3) Determinasi kualitas pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI 2 Denpasar, (4) Determinasi secara bersama-sama lingkungan sekolah,disiplin belajar, dan kualitas pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI 2 Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif jenis ex-post facto. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X, XI dan XII di SMA PGRI 2 Denpasar dengan sampel yang berjumlah 120 orang. Hasil analisis menunjukkan determinasi lingkungan sekolah, disiplin belajar dan kualitas pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa masing -masing mencapai 16,1 %, 3,9%, 9,9%. Sumbangan ketiga faktor tersebut secara holistic terhadap prestasi siswa sebesar 78,6%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan lingkungan sekolah, disiplin belajar dan kualitas pembelajaran terhadap pretasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI 2 Denpasar.
Kata Kunci : prestasi belajar, lingkungan sekolah, disiplin belajar, dan kualitas pembelajaran
ABSTRACT
This research aims at investigating (1) Determination of school environment on student achievement on economic subjects at SMA PGRI 2 Denpasar, (2) Determination of disciplinary learning on student achievement on economic subjects at SMA PGRI 2 Denpasar, (3) Determination of the quality of teaching on student achievement on economic subjects in SMA PGRI 2 Denpasar, (4) Determination school environment, learning discipline, and the quality of learning together on student achievement on economic subjects at SMA PGRI 2 Denpasar. This research used co relational method with ex-post facto quantitative approach. The population of the research was all class X, XI and XII at SMA PGRI 2 Denpasar with a sample of 120 people.. The findings of the research show that consecutively the determination of school environment, disciplinary learning and learning quality of student learning achievement have the determination of 16,1%, 3,9%, 9,9%. Holistically, the three factors have the determination78,6% on student learning achievement. Based on the findings, it can be concluded that there is a positive and significant correlation among school environment, learning discipline, and the quality of learning together on student achievement on economic subjects at SMA PGRI 2 Denpasar
Keywords: academic achievement, school environment, disciplinary learning, and quality of learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.632
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.