PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, EFIKASI DIRI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SMK NEGERI KECAMATAN DENPASAR SELATAN

Jumari ., Made Yudana, IGK. A. Sunu

Abstract


Abstrak

Potensi yang dimiliki oleh setiap guru tidak selalu berkembang secara wajar akibat adanya pengaruh dari berbagai faktor, sehingga berdampak pada rendahnya kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh budaya organisasi, efikasi diri dan kepuasan kerja terhadap kinerja mengajar guru SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan, baik secara terpisah maupun secara simultan. Populasi penelitian adalah seluruh Guru SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan, yang berjumlah 158 guru dan sampel sejumlah 113 orang melalui teknik proportionate stratified random sampling. Rancangan penelitian tergolong ex-post-facto, dengan eksplanasi penelitian kausal korelasional deskriptif. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; terdapat pengaruh yang positif dan signifikan budaya organisasi, efikasi diri dan kepuasan kerja terhadap kinerja mengajar guru SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan, dengan sumbangan efektif secara terpisah berturut-turut sebesar; 17,6%; 19,8%; 22,4%; dan secara simultan sebesar 59,8%. Hasil ini berarti; pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja mengajar guru menduduki peringkat pertama, kemudian pengaruh efikasi diri terhadap kinerja mengajar guru menduduki peringkat kedua, dan pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja mengajar guru menduduki peringkat ketiga.

 

Kata kunci: budaya organisasi, efikasi diri, kepuasan kerja, kinerja mengajar guru

 

Abstract

Potentials owned by every teacher did not always develop fairly due to the influence of several factors, therefore low impact on the teacher’s performance. This study was aimed at discovering of the influence of organization cultural, self efficacy and job satisfaction toward teacher’s teaching performance, both separately as well as simultaneously. The study population consisted of 158 teacher all of SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan, and the 113 a person sampling through proportionate stratified random sampling. This study belonged to a ex-post-facto in the lock of explaining a causal correlational problem descriptivily. The data collected by the support of questionnaire and documentation study. The study results shows; there is a positive and significant influence of organization cultural, self efficacy and job satisfaction toward teacher’s teaching performance, with effective contribution separately in a row for 17,6%; 19,8%; 22,4%; and simultaneously by 59,8%. This result means; the influence of job satisfaction on the teacher’s teaching performance is the first rank, then the influence of self efficacy on the teacher’s teaching performance is the second rank, and the influence of organizational culture on the teacher’s teaching performance is the third rank.

 

Keywords: job satisfaction, organization cultural, self efficacy, teacher’s teaching performance


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.