STUDI EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NO.19 TAHUN 2005 DI SMK NEGERI 5 DENPASAR

Yuniarika Parwati, Made Yudana, Kd. Rihendra

Abstract


Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian evaluatif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan kesenjangan pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan PP No. 19 Tahun 2005 di SMK Negeri 5 Denpasar dilihat dari variabel konteks, masukan, proses dan produk, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Negeri 5 Denpasar yang berjumlah 86 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Untuk menentukan efektivitas program, skor mentah ditransformasikan ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam  prototype Glickman, untuk kesenjangan menggunakan uji bertanda wilcoxon. Hasil analisis menemukan bahwa efektivitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan PP No. 19 Tahun 2005 di SMK Negeri 5 Denpasar kategori  efektif  dilihat dari variabel konteks, input, proses dengan hasil positif. Meskipun dalam kategori siap, namun secara umum terdapat kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah pada evaluasi input yaitu kompetensi tenaga kependidikan. Dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan PP No. 19 Tahun 2005 di SMK Negeri 5 Denpasar tergolong dalam kategori efektif.

 

Kata kunci: Studi Evaluasi, Pelaksanaan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

 

Abstract

This research was quantitative evaluative research that aims to determine the effectiveness and gaps in the implementation of standards teachers and education personnel based on The PP Nomor 19 Tahun 2005   in SMK Negeri 5 Denpasar viewed from variable context, input, process and product as well as the constraints encountered in implementation.The total population in this research of all teachers and education personnel at SMK Negeri 5 Denpasar were 86 people. Data was collected using questionnaires. To determine the effectiveness of the program, raw scores were transformed into T-scores were then verified in a prototype Glickman, and marked for gaps using Wilcoxon test. The analysis finds that the effectiveness of teachers and education personnel based on The PP Nomor 19 Tahun 2005   in SMK Negeri 5 Denpasar affective categories of variable context, input, process with positive results. Although the category is ready, but in general there are obstacles encountered in the implementation of standards teachers and education personnel of input on the evaluation of competence of educational staff. It can be concluded that the effectiveness of standards teachers and education personnel based on The PP Nomor 19 Tahun 2005 in SMK Negeri 5 Denpasar classified in the effective category.

Keywords: Evaluation Study, Standards Implementation Teachers and Education Personnel


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.