STUDI EVALUATIF TENTANG KUALITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 3 DENPASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 3 Denpasar ditinjau dari variabel konteks, masukan, proses dan produk. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif kuantitatif. Dalam penelitian ini menganalisis efektivitas program dengan model CIPP. Jumlah anggota sampel sebanyak 60 orang yang terdiri dari seluruh guru yang ada di SMP Negeri 3 Denpasar. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Skor mentah yang diperoleh dalam penelitian ditransformasikan ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam prototype Glickman.Hasil analisis menemukan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 3 Denpasar dapat dikategori efektif dilihat dari variabel konteks, input, proses dan produk.Hal ini disebabkan evaluasi CIPP yang digunakan mengacu pada standar proses. Untuk itu disarankan kepada: (1) Kepada Kepala Sekolah diharapkan dapat melakukan pengembangan sumber daya manusia di lingkungan sekolah (2) guru SMP Negeri 3 Denpasar hendaknya selalu meningkatkan kompetensi dan sumber daya yang dimiliki melalui kegiatan pelatihan.
Kata kunci: Kualitas, Pembelajaran, Studi Evaluatif
Abstrac
This research aimed to determine the quality of learning at SMP 3 Denpasar based on context variable, inputs, processes, and product. This research was a quantitative evaluative analysis. This experiment tried to analyze the program effectively using CIPP model. The number of samples that had been used in this research was about 60 people consisted of all teachers at SMP 3 Denpasar. Data was collected with questioners and analyzed by descriptive analysis. Raw score that found out in this research was transformed into T-score and then was verified to Glickman prototype. The analysis results show that the quality of learning process at SMP 3 Denpasar can be categorized as effective that can be seen from process standard, inputs, processes and products. This is as a result of CIPP implementation refers to process standard. It can be suggested for (1) principal of the school to do development in human resources at school environment, (2) SMP 3 teachers should increase the competence and human resources development through training.
Keywords: Evaluative Studies, Learning, Quality
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.