Studi Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali Tahun 2012

Ni Wyn Widi Astuti, I.G.A Suhandana, Nyoman Dantes

Abstract


Abstark

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan PPL Mahasiswa FPOK IKIP PGRI Bali Tahun 2012 ditinjau dari variabel konteks, input, proses dan produk serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian evaluatif kuantitatif, yang menunjukkan prosedur dan proses pelaksanaan program. Penelitian ini menganalisis efektivitas program dengan model CIPP. Sample sebanyak 76 orang ditarik dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang terdiri dari 55 orang mahasiswa, 10 orang dosen pembimbing, dan 11 orang guru pamong. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Untuk menentukan efektivitas program, skor mentah ditransformasikan ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam  prototype Glickman. Analisis menemukan bahwa efektivitas pelaksanaan PPL Mahasiswa FPOK IKIP PGRI Bali Tahun 2012 tergolong pada kategori  efektif  dilihat dari variabel konteks, input, proses dan produk dengan hasil (+ + + +). Meskipun dalam kategori efektif, namun secara umum terdapat kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan PPL Mahasiswa adalah visi, misi program, aturan dan harapan program. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan PPL Mahasiswa FPOK IKIP PGRI Bali Tahun 2012 tergolong dalam kategori  efektif. Untuk itu disarankan: (1) mempertegas regulasi/aturan program, (2) meningkatkan sumber daya manusia, sarana prasarana dan (3) perencanaan pembelajaran dibuat secara matang.

 

Kata kunci: Studi Evaluasi, Praktik Pengalaman Lapangan

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effectiveness of the implementation of the Practice Experience PPL Students of  FPOK IKIP PGRI Bali 2012 seen from the variable context, input, process and product, as well as the constraints encountered in implementation. Research conducted including quantitative evaluative research, which shows the procedure and process of program implementation. This study analyzes the effectiveness of the program with CIPP model. Number of members of the sample of 76 sampling techniques (sampling techniques) used was purposive sampling consisting of 55 students, 10 lecturers and 11 tutors teachers. Research subjects are determined by purposive random sampling technique samples. Data was collected by questionnaires. Data were analyzed with descriptive analysis. To determine the effectiveness of the program, raw scores were transformed into T-scores were then verified in a prototype Glickman. The analysis found that the effectiveness of the implementation of the FPOK PPL’s Students of IKIP PGRI Bali in 2012 is that affectivelly categories, by the context, input, process and results variable with the results (+ + + +). Although the category is ready, but in general there are obstacles encountered in the implementation of the student’s PPL are facilities and infrastructure.The research findings saw it can be concluded that the effectiveness of the implementation of the FPOK’s PPL Students of IKIP PGRI Bali in 2012 belong to the category of effectively. It is  Propose to: (1) reinforce the regulations / rules of the program, (2) improving human resources, infrastructure (3) lesson plans made ​​carefully.

 

Keywords: Evaluation Study, Practice Field Experience

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.