PEMBELAJARAN BERBANTUAN PETA TERHADAP PRESTASI, MOTIVASI, PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP ALBANNA DENPASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan pada pengaruh penggunaan media pembelajaran “Peta dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS kelas VII dan kelas VIII SMP Albanna Denpasar. Rumusan masalah yang diajukan adalah: 1) Untuk mengetahui ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media “Peta dan tanpa menggunakan media pembelajaran “Peta”.2) Untuk mengetahui ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah pada mata pelajaran IPS. 3) Untuk mengetahui ada interaksi antara pengguna media “Peta ”dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penggumpulan data dan jenis istrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan pre tes dan pos tes hasil belajar siswa.
Kata kunci: Pembelajaran berbantu peta, motivasi, prestasi.
Abstract
This research aims at the influence of the use of instructional media "Maps and motivation toward learning outcomes IPS class VII and class VIII SMP Albanna Denpasar. The problems posed are: 1) To determine if there were differences in student learning outcomes using the media "Map and without the use of instructional media" Map "2) To determine the differences in learning outcomes of students who have high motivation and low motivation on subjects IPS. 3) To determine the interaction between media users "Maps" and learning motivation on learning outcomes of students in social studies. This study uses the data and the types of instruments tend penggumpulan used was a questionnaire (questionnaire) and the pre test and post test students' learning outcomes.
Keywords : learning assisted map, motivation, achievement.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.654
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.