KONTRIBUSI PEMBELAJARAN SEPANJANG HARI, KEBIASAAN BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP ALBANNA DENPASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran sepanjang hari, kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi siswa. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama Albanna di kota Denpasar. Penelitian ini meneliti seluruh siswa kelas IX dengan 79 orang sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner Skala Likert yang dikalibrasikan dengan memakai uji validitas butir dan koefisien Reliabilitas. Uji validitas butir dihitung dengan memakai koefisien korelasi Product Moment, dan reliabilitas dihitung dengan memakai koefisien Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis untuk normalitas sebaran data memakai uji Kolmogrof-Smirnov dan homogenitas varian data dengan Homogenitas Slop Scatterplot. Uji linieritas mengunakan uji F, dan uji multikolinearitas menggunakan modul Regresi linier dari SPSS 19.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi yang positif dan signifikan sistem pembelajaran sepanjang hari terhadap prestasi siswa sebesar 47,5%, kebiasaan belajar 67,4%, motivasi berprestasi 50,4%, dan secara bersama-sama 81,1%. Selebihnya 18,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan sistem pembelajaran sepanjang hari, kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi siswa kelas IX SMP Albanna Denpasar secara parsial maupun simultan.
Kata Kunci : Pembelajaran Sepanjang Hari, Kebiasaan Belajar, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar
Abstract
This study was aimed to determine how much influence of learning in full day, study habits and achievement motivation on student achievement this research is done on Albanna secondary school in the city of Denpasar. This study examined the IX grade of Albanna student with 79 sample. This study used ex-post facto approach. The data was collected by using a Likert Scale questionnaire calibrated with test validity and reliability coefficients. The test validity is calculated by using Product Moment correlation coefficients test for normality of distribution requirements of data analysis uses Kolmogrof-Smirnov test and homogeneity of variance hmogeneity of the data with Slop Scatterplot. Linearity test uses the F test, and multicollinearity test uses linear regression module of SPSS for windows 19.00. the results shows that there are significant and positive contribution throughout the learning system on student achievement of 47,5%, 67,4% study habits, achievement motivation 50,4%, and 81,1% together.
Keywords: fullday school, study habits, and achievement motivation
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.655
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.