STUDI EVALUATIF EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMA NEGERI 2 KUTA

Authors

  • Kt. Suendi
  • Nyoman Natajaya
  • Gd Anggan S

DOI:

https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.656

Abstract

Abstrak

Studi Evaluatif Efektivitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Negeri 2 Kuta merupakan penelitian evaluatif yang menggunakan model CIPP yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 2 Kuta, dan kendala yang ada dalam implementasinya. Penelitian ini bersifat ex-post facto dimana data dikumpulkan terhadap 63 responden. Data utama diambil dengan observasi dan kuesioner dan data pelengkap diambil dari studi dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan T-skor, lalu disesuaikan ke dalam tabel Glickman untuk menentukan kualifikasi efektivitasnya. Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa : (1) Pada komponen konteks menghasilkan frekuensi negatif (f-). (2) Pada komponen input menghasilkan frekuensi positif (f+). (3) Pada komponen proses menghasilkan frekuensi positif (f+). (4) Pada kmponen produk menghasilkan frekuensi positif (f+). Bila dianalisis secara bersama dapat disimpulkan bahwa efektivitas implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 2 Kuta tergolong cukup efektif dilihat dari komponen konteks, input, proses dan produk dengan hasil (- + + +).

 

Kata kunci: Evaluasi Program, Manajemen Berbasis Sekolah

 

Abstract

Evaluative Study of The Effectiveness of School-Based Management (SBM) implementation in SMA Negeri 2 Kuta as an evaluative research using CIPP models that aimed to describe the effectiveness of the implementation of school-based management in SMA Negeri 2 Kuta and the constraints that exist in. This research is an ex-post facto where data is collected  from 63 respondents. Main data retrieved from the observation and questionnaires, and complementary data taken from the study documentation. Next  the data were analyzed by using  T-score, the last  adjusted to the table to determine qualification Glickman effectiveness. This study is descriptive data also captured quantitatively and qualitatively. Based on the analysis of the data show that: (1) In the component context of has negative frequency  (f-). (2) Input component produces a positive frequency (f +). (3) In the process component of  generate  positive (f +). (4) And component products  generate positive frequency (f +). Due to the exposition above,it can be concluded that  the  school-based management(SBM) implementation in SMA Negeri 2 Kuta is significant,proved by the result of component context, input, process and product (- + + +).

 

Keywords : Evaluation Program, School-Base Manajemen

Downloads

Published

2013-06-25

Issue

Section

Articles