IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN MODEL PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA SMA NEGERI 1 ABIANSEMAL

I G. A. Puspadewi, Nyoman Natajaya, Gd Kawi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Abiansemal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 1 kelas. Objek penelitiannya adalah aktivitas belajar, hasil belajar, tanggapan siswa, perencanaan proses pembelajaran dan pelaksanaan proses pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lima instrumen, yaitu tes hasil belajar, observasi aktivitas belajar, kuesioner tanggapan siswa, lembar penilaian perencanaan pembelajaran dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan nilai rata-rata kelas (X) dan ketuntasan belajar (KB) secara klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) melalui pendekatan keterampilan proses yang digunakan dalam proses pembelajaran TIK dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 pada SMA Negeri 1 Abiansemal  tahun pelajaran 2010/2011, (2) melalui pendekatan keterampilan proses yang digunakan dalam proses pembelajaran TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 pada SMA Negeri 1 Abiansemal  tahun pelajaran 2010/2011, (3) ada tanggapan positif dari kalangan siswa  kelas XI IPS 2 pada SMA Negeri 1 Abiansemal Tahun Pelajaran 2010/2011 terhadap pendekatan keterampilan proses yang digunakan dalam proses pembelajaran TIK, (4) melalui pendekatan keterampilan proses yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan guru dalam perencanaan proses pembelajaran, dan (5) melalui pendekatan keterampilan proses yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran.

Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan keterampilan proses merupakan alternatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran TIK.

 

Kata kunci: Pendekatan keterampilan proses, aktivitas belajar

 

Abstract

This research is using classroom action research design. This classroom action research is doing in two cycles. The subject of the study was the entire student class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Abiansemal Academic Year 2010/2011, amounting to 31 people consisting of 1 class. The object of research is the learning activities, learning outcomes, student responses, planning and implementation process of the learning process. The research data was collected using five instruments, namely achievement test, observation of learning activities, the questionnaire responses of students, lesson planning and assessment sheets of the implementation of learning. Data were analyzed by using descriptive quantitative based on the average value of the class (X) and mastery learning (KB) is classical.

The results showed that: (1) through a process skills approach used in the learning process of ICT can enhance students' learning activity class XI IPS 2 in SMA Negeri 1 Abiansemal 2010/2011 school year, (2) through a process skills approach used in the learning process ICTs can improve student learning outcomes class XI IPS 2 in SMA Negeri 1 Abiansemal 2010/2011 school year, (3) there is a positive response from the students' class XI IPS 2 in SMA Negeri 1 Abiansemal Academic Year 2010/2011 to the approach used in the process of skills ICT in the learning process, (4) through the process skills approach used in the learning process may enhance the ability of teachers in the planning of the learning process, and (5) through the process skills approach used in the learning process to improve the implementation of the learning process.

The implications of this research is the application of the skills approach is an alternative process to improve the effectiveness of ICT learning.

 

Keywords : process skills approach, learning activities


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.