IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH : (Studi Kasus di Sekolah HighScope Indonesia – Bali)

Diah K. Wardhani, I Gd. Anggan S, Made Yudana

Abstract


Abstrak

Menemukan tipe kepemimipinan yang tepat untuk diaplikasikan dalam suatu organisasi sekolah merupakan tantangan tersendiri. Gaya kepemimpinan transformasional menjadi salah satu pilihan disebabkan oleh tuntutan dinamika organisasi yang lebih mengedepankan pemberdayaan sumber daya manusia dibandingkan dengan menjalankan apa yang menjadi tuntutan pemimpin semata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh penerapan kepemimpinan transformasional, hambatan yang dihadapi, dan menemukan solusi yang dapat diberikan di Sekolah HighScope Indonesia – Bali. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil pengamatan di lapangan, wawancara, dan kajian literature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kepemimpinan transformasional di Sekolah HighScope Indonesia – Bali merupakan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan konsep dan filosofi HigScope, yang penerapannya masih dalam tahap perkembangan dan belum menyeluruh di setiap departemen yang ada. Kesiapan sumber daya manusia dalam hal mengembangkan ide/kreativitas, kesanggupan untuk bekerja secara mandiri dan kordinasi antar departemen belum maksimal terjadi. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan kepemimpinan transformasiona di Sekolah HighScope Indonesia-Bali masih memerlukan kesiapan dari sumber daya manusia sebagai pendukung organisasi sekolah.

 

Kata kunci: Kepemimpinan transformasional, konsep Highscope, pengelolaan

sekolah

 

Abstract

Finding the right type of leadership in a school organization becomes a unique challenge. Transformational leadership was one of the types of leadership that was chosen because of the changes in the organization to empower the staff to do more than what the leader wanted. This research was aimed to find how transformational leadership was implemented, the problems that were dealt with, and also find out the solution that could be used in HighScope Indonesia – Bali. This study was a qualitative research. The data were collected through field obesrvation, interviews and literature study. The results shows that transformational leadership that implemeted at HighScope Indonesia – Bali completely match to the HighScope concept and philosophy, which is still in the progress and need to be supported more in all educational departments. The Human resources readiness in dealing with new ideas and creativities, the ability to work independently as well as cordination between the school departments needs to be improved. It can be concluded that human resources are still main issues that need to be improved continoustly in implementing the transformational leadership in HighScope Indonesia – Bali

 

Keywords: HighScope concept, school management, transformational leadership


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.