PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS ANTARA SISWA YANG BERGAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI DAN KINESTETIK (DI SD IT ALBANNA)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar bahasa Inggris antara siswa yang bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik pada siswa SDIT Albanna Denpasar Timur dengan menggunakan rancangan penelitian ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan(1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh pembelajaran CTL terhadap hasil belajar bahasa Inggris antara siswa yang bergaya belajar auditori dan kinestetik, nilai t hitung = 1,818 dan t tabel = 2,31 (t hitung < t tabel). Sesuai dengan kaidah jika t hitung > t tabel maka hasil pengujian tersebut adalah tidak signifikan. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh pembelajaran CTL terhadap hasil belajar bahasa Inggris antara siswa yang bergaya belajar auditori dan visual nilai t hitung = 1,008 dan t tabel = 2,31 (t hitung < t tabel). Sesuai dengan kaidah jika t hitung > t tabel maka hasil pengujian tersebut adalah tidak signifikan. (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh pembelajaran CTL terhadap hasil belajar bahasa Inggris antara siswa yang bergaya belajar kinestetik dan visual, nilai t hitung = -1,409 dan t tabel = 2,31 (t hitung < t tabel). Sesuai dengan kaidah jika t hitung > t tabel maka hasil pengujian tersebut adalah tidak signifikan. (4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh pembelajaran CTL terhadap hasil belajar bahasa Inggris antara siswa yang bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik secara bersama- sama, nilai t hitung = -1,409 dan t tabel = 2,31 (t hitung < t tabel). Sesuai dengan kaidah jika t hitung > t tabel maka hasil pengujian tersebut adalah tidak signifikan.
Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual, hasil belajar, bahasa Inggris, gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik.
Abstract
(1) there was no differences of contextual teaching learning effects to student’s English achievment between auditory and kinetic student, the score of t count = 1,818 and t table = 2,31 (t count < t table). Based on the teory that t count > t table so, the result of the analysis is not significant. (2) there was no differences of contextual teaching learning effects to student’s English achievment between auditory and visual student, the score of t count = 1,008 and t table = 2,31 (t count < t count). Because t count > t table so the result is not significant, (3) there was no differences of contextual teaching learning effects to student’s English achievment between kinetic and visual student, the score of t count = -1,409 dan t table = 2,31 (t count < t table). If t count > t table so, the result is not significant. (4) there was no differences of contextual teaching learning effects to student’s English achievment between auditory, visual and kinetic student, the score of t count = -1,409 dan t table = 2,31 (t count < t table). Based on the teory, that if t count > t table so the result is not significant.
Keywords: Contextual teaching learning, students’ achievment, english teaching learning, visual learning style, auditory learning style, kinetic learning style.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.674
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.