KONTRIBUSI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK, SEMANGAT KERJA, DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN TEGALLALANG

I K. Rinu, Nyoman Dantes, Made Yudana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pelaksanaan supervisi akademik, semangat kerja, dan kesejahteraan guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Tegallalang baik secara terpisah maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh guru di SMP Negeri se Kecamatan Tegallalang yang jumlahnya 129 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dengan ukuran 97 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi parsial dan regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan: (1) Terdapat kontribusi pelaksanaan supervisi akademik terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Tegallalang dengan kontribusi sebesar 7,03%, (2) Terdapat kontribusi semangat kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Tegallalang dengan kontribusi sebesar 20,92%, (3) Terdapat kontribusi kesejahteraan guru terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Tegallalang dengan kontribusi sebesar 32,88%, dan (4) Terdapat kontribusi pelaksanaan supervisi akademik, semangat kerja, dan kesejahteraan guru terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Tegallalang dengan kontribusi sebesar 60,83%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi pelaksanaan supervisi akademik, semangat kerja, dan kesejahteraan guru terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Tegallalang.

Kata kunci: pelaksanaan supervisi akademik, semangat kerja, kesejahteraan guru, kinerja guru

 

Abstract

This study aimed to find out the contribution of implementation of academic supervision, work enthusiasm, and teacher’s welfare towards teacher’s performance in SMP Negeri Tegallalang subdistrict both partially and simultaneously. This study belonged to ex pos facto approach. The population in this study were 129 teachers of SMP Negeri Tegallalang subdistrict. Sampling technique utilized simple random sampling were 97 teachers. Analysis data conducted by using partial correlation and multiple linier regresssion.  The results of this study showed that: (1) there is a contribution of implementation of academic supervision towards teacher’s performance in SMP Negeri Tegallalang subdistrict with the value 7.03%, (2) there is a contribution of work enthusiasm towards teacher’s performance in SMP Negeri Tegallalang subdistrict with the value 20.92%, (3) there is a contribution of teacher’s welfare towards teacher’s performance in SMP Negeri Tegallalang subdistrict with the value 32.88%, and (4) there are contribution of implementation of academic supervision, work enthusiasm, and teacher’s welfare towards teacher’s performance in SMP Negeri Tegallalang subdistrict with the value 60.83%. Based on the findings it could be concluded that there is a contribution of implementation of academic supervision, work enthusiasm, and teacher’s welfare towards teacher’s performance in SMP Negeri Tegallalang subdistrict.

Keywords: implementation of academic supervision, work enthusiasm, teacher’s welfare, and teacher’s performance


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.