PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMPN 3 SUKAWATI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar IPS ditinjau dari konsep diri akademik siswa kelas VIII SMPN 3 Sukawati. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah the posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 3 Sukawati tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 263 siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava Dua Jalur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan konsep diri akademik siswa terhadap prestasi belajar IPS, (3) terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang mempunyai konsep diri akademik tinggi, dan (4) terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang mempunyai konsep diri akademik rendah. Berdasarkan temuan-temuan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar IPS ditinjau dari konsep diri akademik siswa kelas VIII SMPN 3 Sukawati.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, konsep diri akademik, dan prestasi belajar IPS
Abstract
This study aims to determine the influence of STAD Type Cooperative Learning Model of Social Learning Achievement Judging from Self Concept in Class Students at SMPN 3 Sukawati. This study uses the Post Test –Only Control Group Design. The research were conducted in academic year 2012/2013 that consist of 263 students. The sample using simple random sampling and analyzed by two ways Anova. The results are: 1)There are differences in social achievement of students who follow the model of type STAD Cooperative Learning with those who follow conventional learning 2)There are differences in the interaction in social achievement between the students who follow model of type STAD Cooperative Learning with those who follow conventional learning who have high self concept There are differences in social achievement between the students who follow model of type STAD Cooperative Learning with those who follow conventional learning who have high self concept with self concept 3)There are differences in social achievement between the students who follow model of type STAD Cooperative Learning with those who follow conventional learning who have high self concept 4) There are differences in social achievement between the students who follow model of type STAD Cooperative Learning with those who follow conventional learning who have low self concept. Based on these finding we can conclude that there are differences in students’ social learning achievement of the following type STAD Cooperative Learning model judging from self concept in VIII Class Students at SMPN 3 Sukawati-Gianyar.
Keywords: Learning Model Type STAD Cooperative Learning, Self Concept Academic and Social Learning Achievement.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.679
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.