PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI TARI DITINJAU DARI KREATIVITAS PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SUKAWATI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar seni tari antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran drill dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional setelah dilakukan pengendalian oleh kreativitas pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Sukawati. Penelitian ini tergolong sebagai rancangan post-test only control group design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Karawitan semester genap tahun pelajaran 2012/2013 SMK Negeri 3 Sukawati yang berjumlah 66 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 66 orang. Teknik analisis data menggunakan Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar seni tari antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran drill dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Sukawati, (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar seni tari antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran drill dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional setelah dikendalikan oleh kreativitas siswa pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Sukawati, dan (3) Terdapat kontribusi kreativitas terhadap prestasi belajar seni pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Sukawati sebesar 25,0%.
Kata kunci: metode pembelajaran drill, prestasi belajar seni tari, dan kreativitas
Abstract
This research aims at investigating the difference of dancing art achievement between students following drill teaching-learning method drill teaching-learning method and those using conventional teaching-learning method after controlling students’ creativity of tenth grade students of Public Vocational School Number 3 Sukawati. This research used the posttest only control group design. The subject of this research was 66 tenth grade Karawitan (Balinese of Musik) students in the even semester of the academic year 2012/2013 in Public Vocational School Number 3 Sukawati. The data were analyzed using Ancova. The results of the research show that: (1) there is a difference of dancing art achievement between students following drill teaching-learning method drill teaching-learning method and those using conventional teaching-learning method on the tenth grade students of Public Vocational School Number 3 Sukawati, (2) there is a difference of dancing art achievement between students following drill teaching-learning method drill teaching-learning method and those using conventional teaching-learning method after controlling students’ creativity on the tenth grade students of Public Vocational School Number 3 Sukawati, (3) there is a contribution of creativity on dancing art achievement of tenth grade students of Public Vocational School Number 3 Sukawati.
Keywords: drill teaching-learning method, dancing art achievement, and creativity
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.681
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.