KORELASI KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA GURU SMA NEGERI 1 TAMPAKSIRING
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Apakah terdapat korelasi yang signifikan antara kepemimpinan situasional kepala sekolah (X1), motivasi kerja (X2), iklim kerja guru (X3) terhadap kinerja guru (Y).
Penelitian ini termasuk penelitian ex-post fakto yang berbentuk korelasional dengan populasi subyek mencakup guru-guru di SMA Negeri 1 Tampaksiring, yang berjumlah 45 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan models kala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana, regresi ganda, dan analisis korelasi parsial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecendrungan kepemimpinan situasional guru dalam kategori baik. Terdapat korelasi yang signifikan antara kepemimpinan situasional dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,637 dan determinasi sebesar 40,6%, (2) Kecendrungan motivasi kerja berada dalam kategori baik. Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,882 dan determinasi sebesar 77,8%. 3). Kecendrungan iklim kerja guru berada dalam kategori baik. Terdapat korelasi yang signifikan dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi (rx3y) sebesar 0,805 dan determinasi sebesar 64,8%.4) Kecendrungan kinerja guru berada dalam kategori baik 5) Terdapat korelasi yang signifikan kepemimpinan situasional, motivasi kerja dan iklim kerja bersama-sama dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi (Ry123) sebesar 0,950 dan determinasi (R2) sebesar 90,2%.
Katakunci: Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi kerja, iklim kerja, kinerja
ABSTRACT
This study aims to find out and analyze: Are there significant correlations between situational leadership principals (X1), motivation ker (X2), the climate of teachers working on teacher performance (Y).
This research is ex-post facto in the form of correlational with population of subjects include teachers at SMAN 1 Tampaksiring, which amounts to 45 people. Preparation of questionnaires conducted using Likert scale models. Data were analyzed using simple regression, multiple regression, and partial correlation analysis.
The results showed that (1) The tendency of situational leadership teachers be in either category. There is a significant correlation between situational leadership with teacher performance with a correlation coefficient (rx1y) of 0.637 and the determination of 40.6%, (2) The tendency of teachers' work motivation in be in either category. There is a significant correlation between motivation and performance of teachers working, with a correlation coefficient (rx2y) of 0.882 and of determination of 77.8%. 3) The tendency of teachers working climate be in either category. There is a significant correlation with the performance of teachers working climate, with a correlation coefficient (rx3y) of 0.805 and of determination of 64.8% .4) tendency teacher performance be in either category 5) There is a significant correlation of leadership situational, work motivation and work climate together with the performance teacher, with a correlation coefficient (Ry123) of 0.950 and of determination (R2) of 90.2%.
Keywords: principal leadership, work motivation, work climate, performance
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.