PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN TKJ DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 DENPASAR

I Made Darsana, I Nyoman Natajaya, I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


ABSTRACT

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kompetensi kejuruan TKJ antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional baik sebelum maupun setelah motivasi berprestasi dikendalikan dan seberapa besar kontribusi motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kompetensi kejuruan TKJ. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel siswa kelas X kompetensi kejuruan TKJ pada SMKN 1 Denpasar sejumlah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelas. Data yang dikumpulkan adalah data motivasi berprestasi dan data hasil belajar kompetensi kejuruan TKJ. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design dengan analisis kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar kompetensi kejuruan TKJ ditinjau dari motivasi berprestasi pada siswa kelas X SMKN 1 Denpasar tahun pelajaran 2012/2013.

 

Katakunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi

 

ABSTRACT

The aims of this study was to find out differenceof learning outcomes of vocational competence of TKJ between the students who was take problem-based learning model and the students who was take conventional learning models either before and after achievement motivation controlled and how many contribution of achievement motivation toward learning outcomes of vocational competence of TKJ. This study was experimental research. Sample of tenth grade students of vocational competence of TKJ in SMKN 1 Denpasar by number of 60 students who divided into two classes. The data have been collected of achievement motivation and learning outcomes of vocational competence of TKJ. The study design have been used was post-test only control group design with analysis of covariance. The results showed that problem-based learning model have affect toward learning outcomes of vocational competence of TKJ viewed on achievement motivation at the tenth grade students  Of SMKN 1 Denpasar academic year of 2012/2013

 

Keywords: Problem Based Learning Model, Learning Outcomes, Achievement Motivation

 


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.