KONTRIBUSI EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 SUKAWATI
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kontribusi efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi guru dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Sukawati. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan jumlah anggota populasi yang diteliti adalah 145 orang dan jumlah sampelnya adalah 30. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik angket dan tehnik observasi. Tehnik angket digunakan untuk menjaring data prilaku kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kompetensi pedagogiknya. Sedangkan data kinerja guru dijaring dengan menggunakan tehnik observasi. Tehnik observasi digunakan untuk mendapatkan data kinerja guru dari atasan dalam unit kerjanya, dalam hal ini dari kepala sekolah, kepala sekolah masing-masing unit di SMK Negeri 1 Sukawati. Uji hipotesis korelasi dan kontribusi masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi parsial yang bertujuan untuk menemukan harga korelasi murni terlepas dari pengaruh variabel pengendali. Pengujian dilakukan dengan menggunakan taraf signifikansi 5%. Jika nilai thitung > ttabel maka hipotesis nihil diterima dan sebaliknya jika thitung < ttabel maka hipotesis nihil ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Efektifitas kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi pedagogik dan Motivasi Berprestasi berkontribusi secara signifikan terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sukawati, baik secara terpisah maupun simultan. Dengan demikian ketiga variabel tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecenderungan Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sukawati. Bila dilihat dari kontribusi masing-masing variabel bebas, tampak Efektifitas kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan prediktor paling dominan dalam menentukan tingkat Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sukawati.
Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi, dan kinerja guru
ABSTRACT
The aim of this study was to find out how much contribution of the principal leadership effectivity, teacher achievement motivation, and teacher pedagogic competency towards teacher performance at SMK Negeri 1 Sukawati. This study is ex-post factor by number of sample were 145 people and number of sample were 30. data collecting methode was questionary and observation technique. Questioner have been used to get data of the principal leadership effectivity, teacher achievement motivation, and teacher pedagogic competency. While the teacher performance got by observation technique. Observation technique have been used to get data of teacher performance from their superior in their working unit. In this case was the principal, the principal of each unit in SMK Negeri 1 Sukawati. Hypotesis test of correlation and contribution each independent variable towards dependent variable have been used partial correlation formula that have purpose to find out value of pure correlation regardless from control variable effect. Testing have been conducted with significancy level of 5%. Based on the result of study can be concluded that effectivity of principal leadership, pedagogic competency, and achivement motivation have significant contribution toward teacher performance in the SMK Negeri 1 Sukawati, either partial and simultaneously. Thus the third variable could as predictor of tend level of teacher performance in the SMK Negeri 1 Sukawati. If viewed from contribution each independent variables, and the principal leadership effectivity as dominant predictor that have effect on the teacher performance in the SMK Negeri 1 Sukawati.
Keywords: principal leadership, teacher pedagogic, competency, achievement motivasion, teacher performance.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.732
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.