PERSEPSI SISWA TERHADAP MUATAN NILAI MULTIKULTUR PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN NILAI KEBANGSAAN DITINJAU DARI ETNIK SISWA PADA SISWA KELAS VII SMP SE- KECAMATAN KUTA UTARA

I Gede Antika

Abstract


ABSTRAK

 

I Gede Antika, persepsi siswa terhadap muatan nilai multikultur pada mata pelajaran seni budaya dan nilai kebangsaan pada siswa kelas VII SMP se- Kecamatan Kuta Utara. Thesis, Singaraja : Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2010. Tesis ini telah dikoreksi dan diperiksa oleh pembimbing I Prof. Dr. I Nyoman Natajaya, M.Pd dan pembimbing II Prof. Dr. I Made Candiasa, M.Kom

Kata kunci    :    Muatan nilai multikultur pada mata pelajaran seni budaya, nilai kebangsaan, etnik siswa

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) persepsi siswa etnik Bali terhadap muatan nilai multikultur pada mata pelajaran seni budaya, (2) persepsi siswa etnik non Bali terhadap muatan nilai multikultur pada mata pelajaran seni budaya, (3) nilai kebangsaan siswa etnik Bali, (4) nilai kebangsaan siswa etnik non Bali

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post-facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP se Kecamatan Kuta Utara tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 1213 orang. Teknik pengambilan sampel adalah proporsional random sampling. Besarnya anggota sampel penelitian ditentukan oleh tabel Krejcie Morgan yang pendistribusiannya menggunakan  rumusan alokasi proportional Sugiono. Data diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan Model Skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan MANOVA. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan komputer menggunakan perangkat lunak SPSS 15.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : ada perbedaan persepsi siswa terhadap muatan nilai multikultur pada mata pelajaran seni budaya dan nilai kebangsaan antara siswa etnik Bali dengan siswa etnik non Bali, yang ditunjukan oleh nilai Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root.x, dengan harga F 84,717 sig 0,000. Tests of between-subjects effects memberikan harga F sebesar 165,431 dengan signifikansi 0,000 terhadap hubungan antara etnik siswa dengan muatan nilai multikultur pada mata pelajaran seni budaya menunjukan bahwa terdapat perbedaan persepsi siswa terhadap muatan nilai multikultur pada  mata pelajaran seni budaya antara siswa etnik Bali dan siswa etnik non Bali. harga F sebesar 25,621 dengan signifikansi 0,000 terhadap hubungan antara etnik dengan nilai kebangsaan menunjukan terdapat perbedaan nilai kebangsaan antara siswa etnik Bali dan non Bali. 

Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan persepsi siswa terhadap muatan nilai multikultur pada mata pelajaran seni budaya dan nilai kebangsaan antara siswa etnik Bali dengan siswa etnik non Bal

 

Abstract

I Gede Antika, Students’ perception upon multi- culture value of art-and- culture subject and nationality value of seventh grade  junior high school students in Kuta Utara sub district. Thesis, Singaraja : Master degree program, Ganesha Singaraja Education University, 2010. This thesis was corrected by 1st supervisor Prof. Dr. I Nyoman Natajaya, M.Pd and 2nd supervisor Prof. Dr. I Made Candiasa, M.Kom.

Keyword: Multi-culture value,  art and culture subject, nationality value, ethnic student.

This research aimed at investigating (1)  Balinese ethnic students’ perception toward multi-culture value in art and culture subject, (2) Balinese ethnic students’ perception toward multi-culture value in art and culture subject,  (3) the nationality value of Balinese ethnic students, (4) the nationality value of non-Balinese ethnic students.

This research was a quantitative research with ex-post facto approach. The population was seventh grade of junior high school students in Kuta Utara sub district, academic year 2009/2010, amount 1213 students. It used a proportional random sampling. The number of sample depended on Krejcie Morgan table that the distribution used proportional allocation formula by Sugiono. The data were taken by using questionnaire with Likert scale. The data were analyzed by using MANOVAon SPSS 15.0 FOR WINDOWS.

The research revealed that: there was a significant difference on student’s perception about the multi-culture value of art and culture and the value of nationality between Balinese ethnic students and non Balinese ethnic students with value of F 84,717 sig 0,000 for Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root x in which sig was smaller than 0,05. Tests of between subjects effects gave the value of F 165,431 with significant on 0,000 for the correlation between the ethnic and the multi-culture value of art and culture subject. It indicated that there was significant different student’s perception on multiculture between Balinese and non Balinese ethnic students. Value of F 25,621 with the significance level 0,000 of the correlation between the ethnic and the nationality value, indicated the difference on value of nationality between Balinese and non Balinese ethnic students.

Based on findings, it could be concluded that there was a significant difference on student’s perception toward multi-culture value of art of culture subject and the nationality value between Balinese ethnic students and non Balinese ethnic students.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v1i1.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.