PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT BERBASIS MULTIKULTUR GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA KRISTEN PADA SISWA SMAK SOVERDI TUBAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi belajar pada Siswa SMAK Soverdi Tuban melalui penerapan model pembelajaran VCT berbasis Multikultur pada siswa kelas X.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai Mei tahun 2010 di SMAK Soverdi Tuban. Penelitian ini dilakukan di SMAK Soverdi Tuban dengan responden adalah siswa kelas X sebanyak 13 orang. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan, mulai bulan Februari sampai Mei 2010. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Action Research). Penelitian ini menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting).Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Observasi dan Tes, sedangkan Analisis Datanya menggunakan metode analisis deskriptif dan Deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian di SMAK Soverdi Tuban kelas X yang dilakukan sebanyak 2 siklus, maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu siklus pertama 6,1 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,0 .
Berdasarkan hasil yang diperoleh, diharapkan guru lebih kreatif jika ingin menerapkan metode pembelajaran VCT berbasis Multikultur karena tidak semua materi pembelajaran dapat disampaikan melalui metode VCT ini serta guru dapat menentukan dan memilih metode pembelajaran yang tepat dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode VCT berbasis Multikultur
THE USE OF MULTICULTURE-BASED VCT LEARNING MODEL TO IMPROVE APPRECIATION OF DIVINE VALUES IN THE TEACHING OF CHRISTIANITY AT SMAK SOVERDI TUBAN
ABSTRACT
This study aimed at improving the students’ learning achievement in the teaching of Christianity, particularly in appreciating the divine values at SMAK Soverdi Tuban through the use of multiculture-based VCT learning model of the class X students.
This study was conducted at SMAK Soverdi Tuban with the class X that consisted of 13 students. This study lasted for 4 months, from February to May 2010. This study belonged to classroom- based action research with two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation and reflection..
The results showed an improvement in achievement, from 6.1 in the first cycle to 8.0 in the second cycle.
Based on the results, the teacher is expected to be more creative in using multiculture-based VCT learning model since not all of the materials can be taught through the VCT model and the teacher should be able to determine and select an appropriate learning method in implementing the teaching process.
Key words: Learning achievement, multiculture-based VCT method
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v1i1.81
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.