KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, PENGELOLAAN PERSONALIA, DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK N I MAS-UBUD, GIANYAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kemampuan manajerial kepala sekolah, pengelolaan personalia, dan iklim sekolah sebagai variabel bebas dengan kinerja guru SMK Negeri I Mas-Ubud sebagai variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri I Mas-Ubud Gianyar yang berjumlah 35 orang. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, digunakan beberapa kuesioner dengan model skala likert. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi.
Secara empirik ditemukan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru dengan (Freg = 52,627, P<0,05), kontribusi sebesar 18,49%, (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara pengelolaan personalia dengan kenerja guru dengan (Freg =10,201, P<0,05), kontribusi sebesar 23,6%, (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru dengan (Freg = 28,837, P<0,05), kontribusi sebesar 46,6 %, (4) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kemampuan manajerial kepala sekolah, pengelolaan personalia, dan iklim sekolah terhadap kinerja guru dengan (Freg = 10,461, P<0,05), kontribusi secara bersama-sama sebesar 50,3 % dengan sumbangan efektif kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 7,14 % ; sumbangan efektif pengelolaan personalia terhadap kenerja guru sebesar 8,40 % dan sumbangan efektif iklim sekolah terhadap kinerja sebesar 41,45 %.
Berdasarkan analisis parsial ditemukan ; (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru dengan mengendalikan variabel pengelolaan personalia dan iklim sekolah ( r 1y-23 = 0,163, p<0,05), (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara pengelolaan personalia dengan kinerja guru dengan mengendalikan variabel kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah (r2y-13 = 0,202, p<0,05), dan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru dengan mengendalikan variabel kemampuan manajerial kepala sekolah dan pengelolaan personalia ( r3y – 12 = 0,589, p<0,05)
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa secara terpisah dan parsial, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah, pengelolaan personalia, dan iklim sekolah dengan kinerja guru. Ini berarti ketiga faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecenderungan kinerja guru SMK Negeri I Mas Ubud.
Kata kunci : kinerja guru, kemampuan manajerial kepala sekolah, pengelolaan personalia, iklim sekolah.
Kata kunci : kinerja guru, kemampuan manajerial kepala sekolah, pengelolaan personalia, iklim sekolah.
ABSTRACT
This study aimed at finding out and analyzing the correlation between Shcool principal’s managerial ability, personnel management, and school climate as independent variables and performance of teachers of SMK N I Mas-Ubud as the dependent variable.The sample consisted of all of 35 teachers of SMK N I Mas-Ubud. To obtain the data needed, some questionnaire with Likert’s scale model ware used.The technique of data analysis used to test the hypotheses was regression analysis.
Empirically it was found that: (1) tfere is a positive and significant contribution (Freg = 52,62, P<0,05), contribution = 18,49%, of school principal’s managerial ability to teacher’s performance; (2) there was a positive and significan correlation (Freg =10,201, P<0,05), by contribution = 23,6 %, of personnel management to teacher’s performance; (3) there was a positive and significant correlation (Freg = 28,837, P<0,05), by contribution =46,6 %, of School climate to teacher’s performance with (4) there was a simultaneous positive and significant contribution (Freg = 10,461, P<0,05), simultaneous contribution =50,3%, of school principal’s managerial ability, personnel management and School climate to teacher’s Performance with the effective contribution of school principal’s managerial ability to teacher’s performance of 7.14 % the effective contribution of personnel management to teacher’s Performance of 8.40 % and the effective contribution of school climate to teacher’s Performance of 41.45 %.
On the basis of the partial analysis it was fount that: (1) there was a positive and significant contribution(r1y-23 = 0.163, p<0.05) of school principal’s managerial ability to teacher’s performance by controlling personnel management and school climate, (2) there was a positive and significant contribution (r2y-13 = 0.202, p<0.05) of Personnel Management to teacher’s performance by controlling school climate and school principal’s managerial ability, and (3) there was a positive and significant contribution correlation (r3y – 12 =0.589, p<0.05)of school climate to teacher’s performance.
Based on the finding it can be conclude that separately and partially there is a positive and significant correlation between School principal’s managerial ability personnel management and school climate Based teacher’s performance. Thise means that the three factors can be used as predictors of tendency of perrformance of the teachers at SMK N I Mas-Ubud.
Key words : Teacher Performance, School Principal’s Managerial ability, Personnel Management, School climate.
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v1i2.91
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.