DETERMINASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 1 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/japi.v2i1.95Abstract
ABSTRAK
DESAK MADE RAI, Determinasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Denpasar
Â
Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh :
Pembimbing I:Â Prof. Dr. Â Gede Anggan Suhandana dan
Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd.
Â
Kata kunci : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kompensasi dan Kinerja Guru.
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : besarnya determinasi gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompensasi terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Denpasar, secara terpisah maupun secara simultan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada SMK Negeri 1 Denpasar yang berjumlah 139 orang, banyaknya anggota sampel yang diambil berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proporsional random sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik regresi, korelasi dan analisis determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan determinan terhadap kinerja guru melalui persamaan garis regresi Ŷ = 57,690+ 0,617 X1 (Fhitung = 69.47 : p<0,05) dengan kontribusi sebesar 41,47% dan sumbangan efektif sebesar 20,54%, (2) motivasi kerja merupakan determinan terhadap kinerja guru melalui persamaan garis regresi  Ŷ = 23,543+ 0,806X2 (Fhitung = 61.265 : p<0,05) dengan kontribusi sebesar 38,44% dan sumbangan efektif sebesar 18,58%, (3) kompensasi merupakan determinan terhadap kinerja guru melalui persamaan garis regresi   = 61,880+ 0,630X3 (Fhitung = 74,54 : p<0,05) dengan kontribusi sebesar 43,16% dan sumbangan efektif sebesar 25,81%, (4) secara bersama – sama gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompensasi merupakan determinan terhadap kinerja guru melalui persamaan garis regresi Ŷ = 43,648+ 0,603X1 + 0,058X2 + 0,342X3 (Fhitung = 59,044 : p<0,05) dengan kontribusi sebesar 64,80% dan sumbangan efektif sebesar 64,93%. Hasil analisis parsial menunjukkan r1y-23 = 0.405 p<0,05, r2y-13 = 0.390 p<0,05, r3y-12 = 0.498 p<0,05.
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan kompensasi merupakan determinan yang signifikan terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Denpasar secara terpisah maupun simultan. Dengan demikian ketiga faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecenderungan kineja guru SMK Negeri 1 Denpasar. Implikasi praktis yang dapat dikembangkan dari penelitian ini dalam rangka meningkatkan kinerja guru SMK Negeri 1 Denpasar, adalah menumbuhkan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, meningkatkan motivasi kerja dan meningkatkan kompensasi.
Â
ABSTRACT
Â
DESAK MADE RAI, Determination of the Headmaster’s leadership styles,  Working Motivation and Compensation toward Teacher’s performances at SMK Negeri 1 Denpasar
Â
This thesis had been corrected and verified by
the first supervisor: Prof. Dr. Gede Anggan Suhandana, and
the second supervisor: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd.
Â
Keywords: Headmaster’s Leadership Styles, Working Motivation, Compensation and Teacher’s Performances.
Â
The study was conducted in order to figure out the extent of determination of the headmaster’s leadership styles, working motivation, and compensation towards the teachers’ performances at SMK Negeri 1 Denpasar, separately as well as simultaneously.
The populations were the total number of 139 permanent teaching staff members at the SMK Negeri 1 Denpasar, from which only 100 respondents were chosen as the samples determined based on proportional random sampling. The study utilized annex-post facto design, the data required were collected by using questionnaires and analyzed using regression, correlation and determination techniques.
The findings indicated that: (1) headmaster’s leadership styles was a determinant towards teachers’ performances based on  regression equation line Ŷ = 57,690+ 0,617 X1 (Fobserved = 69.47 : p<0,05) with contributing value 41,47% and effective contribution  of 20,54%, (2) working  motivation was a determinant of the teacher’s performances based on the regression equation line Ŷ = 23,543+ 0,806X2 (Fobserved = 61.265 : p<0,05) with contributing value of 38,44% and effective contribution of 18,58%, (3) compensation was a determinant toward teacher’s performances based on the regression equation line  = 61,880+ 0,630X3 (Fobserved = 74,54 : p<0,05) with a contributing value of 43,16% and effective contribution in of 25,81%, (4) there was a simultaneous determinant of the headmaster’s leadership styles, working motivation ang compensation towards the teacher’s performances based on the regression equation line Ŷ = 43,648+ 0,603X1 + 0,058X2 + 0,342X3 (Fobservedt = 59,044 : p<0,05) with a contributing of 64,80% and effective contribution  of 64,93%. The result of partial analysis indicated that r1y-23 = 0.405 p<0,05, r2y-13 = 0.390 p<0,05, r3y-12 = 0.498 p<0,05.
Based on the findings it could be concluded that the headmaster’s leadership styles, working motivation, and compensation were significant determinant towards teachers’ performances at SMK Negeri 1 Denpasar either separately and simultaneously. Accordingly, the three factors above could become predictor of the tendency level of the teachers’ performances at SMK Negeri 1 Denpasar.The practical implication of the study in order to improve the teachers’ performances was that toencourage an effective headmaster’s leadership styles, improve working motivation and increase compensation.