PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DALAM BAHASA INGGRIS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS XI MAN AMLAPURA

Authors

  • LESTARI BUDI UTAMI .
  • Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd .
  • Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA .

DOI:

https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.960

Abstract

PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DALAM BAHASA INGGRIS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS XI MAN AMLAPURA Lestari Budi Utami1, I Made Yudana2, A. A. I. N. Marhaeni3 Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia e-mail: budi.utami@ pasca.undiksha.ac.id1, made.yudana@pasca.undiksha.ac.id2, agung.marhaeni@pasca.undiksha.ac.id3 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh implementasi asesmen portofolio dalam pembelajaran, dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris siswa kelas XI MAN Amlapura. Penelitian dilaksanakan di MAN Amlapura melalui eksperimen dengan Desain Faktorial 2 x 2. Sampel diambil secara acak ke dalam empat kelompok sampel setelah dilakukan pengukuran tingkat motivasi berprestasi yang diberikan kepada 42 siswa dari kelompok eksperimen dan 42 siswa dari kelompok kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis Varians (ANAVA) dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Terdapat perbedaan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen portofolio dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen konvensional. (2)Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris siswa kelas XI MAN Amlapura. (3) Untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen portofolio memiliki kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen kovensional. (4) Untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen portofolio memiliki kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris yang lebih rendah daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen kovensional. Kata kunci : portofolio, motivasi berprestasi, kemampuan menulis
Kata Kunci : portofolio, motivasi berprestasi, kemampuan menulis

The Effect of Portfolio-Based Assessment and Achievement Motivation upon The English Writing Ability of Grade XI Students of MAN Amlapura Abstract This study aimed at finding out and analyzing the effect of portfolio’s assessment implementation and student’s achievement motivation upon the English writing ability of grade XI students of MAN Amlapura This study was conducted at MAN Amlapura through an experiment with a 2x2 factorial design. Sample of this study taken randomly into five groups of experiment based on the result of achievement motivation test given to 42 students in experiment group and 42 students in control group. The data collected were analyzed by ANOVA and Tukey test. The results were as follows: (1) There were differences among the English writing ability of students who studied through an instruction facilitated by the implementation of portfolio assessment compare to those who studied through an instruction facilitated by the implementation of conventional assessment. (2) There was an interaction effect between the use of assessment models and student’s achievement motivation upon the writing English ability of grade XI students of MAN Amlapura. (3) For the students with high achievement motivation, the English writing ability of those who studied through the instruction facilitated by portfolio assessment was higher than those who studied through the instruction facilitated by conventional assessment. (4) For the students with low achievement motivation, the English writing ability of those who studied through the instruction facilitated by portfolio assessment was higher than those who studied through the instruction facilitated by conventional assessment. Key words: portfolio, achievement motivation, writing ability
keyword : portfolio, achievement motivation, writing ability

Published

2013-11-26

Issue

Section

Articles