ANALISIS DETERMINASI DISIPLIN BELAJAR, EKSPEKTASI KARIR, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDIRI

NI NYOMAN AYU SUNIADI ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi disiplin belajar, ekspektasi karir, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII se-kecamatan Kediri baik secara bersama-sama maupun secara parsial.Penelitian ini adalah rancangan ex-post facto. Populasi dari penelitian ini siswa SMP kelas VIII se-kecamatan Kediri yang berjumlah 229 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportional random sampling. Berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 144 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi parsial dan regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat determinasi disiplin belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII se-kecamatan Kediri dengan determinasi sebesar 39,1%, (2) terdapat determinasi ekspektasi karir terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII se-kecamatan Kediri dengan determinasi sebesar 26,3%, (3) determinasi motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII se-kecamatan Kediri dengan determinasi sebesar 31,8%, dan (4) terdapat determinasi disiplin belajar, ekspektasi karir, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII se-kecamatan Kediri dengan determinasi sebesar 50,1%. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat determinasi disiplin belajar, ekspektasi karir, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII se-kecamatan Kediri.
Kata Kunci : disiplin belajar, ekspektasi karir, motivasi berprestasi, dan prestasi belajar bahasa Inggris

This study aimed to know the determination of work discipline, career expectation, and achievement motivation towards English learning achievement of grade VIII students of Kediri district both simultaneously and partially. This study belonged to ex post facto design. The populations of this study were the SMP students of grade VIII of Kediri district. The samples of this study were taken by proportional random sampling. Based on the Krejcie and Morgan table, the sample size in this study consisted of 144 students. The analysis data technique that used in this study were partial correlation and multiple linier regression. The results of study show that: (1) there is a determination of learning discipline towards learning achievement with the determination of 39.1%, (2) there is a determination of career expectation towards learning achievement with the determination of 26.3%, (3) there is a determination of achievement motivation towards learning achievement with the determination of 31.8%, and (4) there is a determination of learning discipline, career expectation, and achievement motivation towards learning achievement with the determination of 50.%. Based those findings, it can be concluded that there is a determination of work discipline, career expectation, and achievement motivation towards English learning achievement of grade VIII students of Kediri district.
keyword : work discipline, career expectation, and achievement motivation towards English learning achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.