PENGARUH IMPLEMENTASI LESSON STUDY TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TABANAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi lesson study terhadap motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group Design dengan melibatkan sampel sebanyak 80 orang siswa SMA Negeri 2 Tabanan. Sampel penelitian diambil menggunakan random sampling. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data ada dua yaitu kuesioner motivasi belajar biologi dan tes prestasi belajar biologi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan MANOVA.
Hasil analisis data sebagai brikut. Pertama, pembelajaran dengan menggunakan lesson study berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar biologi siswa (F hitung 982,987 p < 0,00). Kedua, pembelajaran dengan menggunakan lesson study berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar biologi siswa (F hitung 17,686 p < 0,00). Ketiga, pembelajaran dengan menggunakan lesson study berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa (F hitung 4,929 p < 0,00).
Hasil penelitian memberikan indikasi bahwa pembelajaran dengan menggunakan lesson study sangat tepat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dianjurkan kepada para guru khususnya Biologi SMA dapat menerapkan lesson study dalam pembelajaran di kelas sehingga motivasi dan prestasi belajar biologi siswa menjadi lebih optimal.
Kata Kunci : Lesson study, Motivasi Belajar Biologi, Prestasi Belajar Biologi
This study aimed at investigating the effec of implementation of lesson study toward Student’s motivation and learning achevement in biology. This study was a Quasi Experiment catagorised as Posttest Only Controll Group Design by involving 80 students of SMA Negeri 2 Tabanan as the respondens. The sampel was selected by random sampling technique. The instruments of this study were learning motivation quesionares and learning achievement test. The data was analyzed by MANOVA.
The results show that (1) the implementation of lesson study brought in significant effects towards stdents motivation where the F value was 982,987 and p < 0,00, (2) the implementation of lesson study brought in significant effects towards students learning achievement where the F value was 17,686 and p < 0,00, (3) the implementation of lesson study brought in significant effects towards stdents motivation and learning achievement where the F value was 4,929 and p < 0,00.
The results of this study indicates that the implementation of lesson study really improve the students’ motivation and learning achievement. It is recomended that teachers, in particular senior high school teachers to implement lesson study in the class room in the seek of gaining optimal motivation and learning achievement in biology.
keyword : Lesson Study, Learning Motivation and Learning Achievement
Hasil analisis data sebagai brikut. Pertama, pembelajaran dengan menggunakan lesson study berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar biologi siswa (F hitung 982,987 p < 0,00). Kedua, pembelajaran dengan menggunakan lesson study berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar biologi siswa (F hitung 17,686 p < 0,00). Ketiga, pembelajaran dengan menggunakan lesson study berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa (F hitung 4,929 p < 0,00).
Hasil penelitian memberikan indikasi bahwa pembelajaran dengan menggunakan lesson study sangat tepat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dianjurkan kepada para guru khususnya Biologi SMA dapat menerapkan lesson study dalam pembelajaran di kelas sehingga motivasi dan prestasi belajar biologi siswa menjadi lebih optimal.
Kata Kunci : Lesson study, Motivasi Belajar Biologi, Prestasi Belajar Biologi
This study aimed at investigating the effec of implementation of lesson study toward Student’s motivation and learning achevement in biology. This study was a Quasi Experiment catagorised as Posttest Only Controll Group Design by involving 80 students of SMA Negeri 2 Tabanan as the respondens. The sampel was selected by random sampling technique. The instruments of this study were learning motivation quesionares and learning achievement test. The data was analyzed by MANOVA.
The results show that (1) the implementation of lesson study brought in significant effects towards stdents motivation where the F value was 982,987 and p < 0,00, (2) the implementation of lesson study brought in significant effects towards students learning achievement where the F value was 17,686 and p < 0,00, (3) the implementation of lesson study brought in significant effects towards stdents motivation and learning achievement where the F value was 4,929 and p < 0,00.
The results of this study indicates that the implementation of lesson study really improve the students’ motivation and learning achievement. It is recomended that teachers, in particular senior high school teachers to implement lesson study in the class room in the seek of gaining optimal motivation and learning achievement in biology.
keyword : Lesson Study, Learning Motivation and Learning Achievement
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.983
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.