KONTRIBUSI KOMPETENSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DALAM KAITANNYA KINERJA GURU SMP DWIJENDRA DENPASAR

I WAYAN SURYA SAPUTRA ., Prof. Dr. Nyoman Dantes ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kompetensi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru pada SMP Dwijendra Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dan analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Dwijendra Denpasar sejumlah 60 orang. Hasil analisis data diperoleh beberapa temuan sebagai berikut : Pertama : terdapat kontribusi langsung positif antara kepuasan kerja (X3) dengan kinerja guru (Y), Kedua : terdapat kontribusi langsung antara kompetensi kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru (Y), Ketiga : terdapat kontribusi langsung antara iklim kerja (X2) dengan kinerja guru (Y), Keempat : terdapat kontribusi langsung antara kompetensi kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan kepuasan kerja guru (X3), Kelima : terdapat kontribusi langsung antara iklim kerja (X2) dengan kepuasan kerja guru (X3). Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi langsung dan signifikan antara kompetensi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja terhadap kepuasan kerja dalam kaitannya kinerja guru SMP Dwijendra Denpasar. Hal ini berarti bahwa tinggi rendahnya kinerja guru SMP Dwijendra Denpasar dapat dipengaruhi oleh kompetensi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja dan kepuasan kerja.
Kata Kunci : Kompetensi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru

This study aimed to determine the contribution of school leadership competencies, work climate on job satisfaction in relation to teacher performance on SMP Dwijendra Denpasar. This study is an ex post facto research and analysis is used path analysis. The population in this study were all junior high teacher Dwijendra Denpasar some 60 people. The results of the data analysis obtained several findings as follows: First: there is a positive direct contribution between job satisfaction (X3) with teacher performance (Y), Second: there is a direct contribution between principal leadership competencies (X1) with teacher performance (Y), Third: there is a direct contribution to the work climate (X2) with teacher performance (Y), Fourth: there is a direct contribution between principal leadership competencies (X1) and job satisfaction of teachers (X3), Fifth: there is a direct contribution to the work climate (X2) with satisfaction teachers work (X3). Based on the findings of this study concluded that there is a direct and significant contribution between principal leadership competencies, work climate on job satisfaction in relation to teacher performance SMP Dwijendra Denpasar. This means that a junior high teacher for poor performance may be affected by the SMP Dwijendra Denpasar principal leadership competencies, work climate and job satisfaction.
keyword : Principal Leadership Competencies, Work Climate, Job Satisfaction, Teacher Performance

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.