PEMBELAJARAN BERPIDATO BAHASA BALI DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS VIII B5 SMP N 4 SINGARAJA

A.A. NGURAH SATRIA WIGUNA ., PROF.DR. I NENGAH SUANDI, M.Hum ., PROF.DR. IDA BAGUS PUTRAYASA, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran berpidato bahasa Bali dengan menggunakan pendekatan komunikatif, (2) pelaksanaan pembelajaran berpidato bahasa Bali dengan menggunakan pendekatan komunikatif, dan (3) evaluasi pembelajaran berpidato bahasa Bali dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Bali yang mengajar di kelas VIII B5 SMP N 4 Singaraja dan objeknya adalah pembelajaran berpidato bahasa Bali dengan menggunakan pendekatan komunikatif di kelas VIII B5 SMP N 4 Singaraja. Metode dokumentasi digunakan untuk memeroleh data perencanaan pembelajaran, metode observasi digunakan untuk memeroleh data pelaksanaan pembelajaran, dan metode wawancara digunakan untuk memeroleh data tentang evaluasi pembelajaran. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru sudah mampu menyusun RPP dengan pendekatan komunikatif, (2) pelaksanaan pembelajaran komunikatif belum mampu dilaksanakan oleh guru secara maksimal. Hal tersebut terlihat dari situasi pembelajaran yang tidak kondusif, dan belum terlihat adanya pembelajaran yang komunikatif, (3) evaluasi pembelajaran berpidato bahasa Bali dengan pendekatan komunikatif masih membingungkan bagi guru. Guru belum memahami tentang apa saja yang harus dinilai dalam pembelajaran, dan bagaimana cara menilai tingkat kekomunikatifan siswa dalam pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah untuk pemerintah dan guru bahasa Bali. Pemerintah seharusnya mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendukung penerapan kurikulum pendidikan dan memberikan sosialisasi secara merata kepada guru. Saran untuk guru bahasa Bali agar meningkatkan kompetensinya dalam menyusun perencanaan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran.
Kata Kunci : pendekatan komunikatif, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi

This study was aimed to describe (1) planning Balinese language speech learning by using the communicative approach, (2) implementation of Bali language speech learning by using the communicative approach, and (3) evaluation of the Balinese language speech learning by using the communicative approach. This study was designed by using descriptive qualitative research approach. Research subject in this study was the Balinese language teacher who teaches in class VIII SMP N 4 Singaraja B5 and the object of this research was the Balinese language speech learning by using the communicative approach in class VIII SMP N 4 Singaraja B5. Data was obtained through documentation, observation, and interviews. Data analysis method used was descriptive qualitative method. The results shows that (1) the teacher had prepared lesson plan using the communicative approach, but there were still many shortcomings in the formulation, such as the nation's character educationhad not included yetand the allocation of instructional time had not adjusted yetto the level of difficulty of the material which was to be covered, (2) the implementation of communicativelearning was not yet being able to be implemented by the teacher. It was seen from the learning situation that was not conducive, and had not seen as a communicative class, (3) evaluation of learning speech Balinese language with a communicative approach was still confusing for teachers. Teachers did not understand about what needs to be assessed in the study, and how to assess the level of students’ communication in the learning process. Suggestions in this study were submitted for the government and the teachers of Balinese Language. The government should prepare everything that is required to support the implementation of the educational curriculum and provide socialization evenly to the teacher. An advice for teachers of Balinese Language is to improve the competence in planning, implementing, and evaluating the learning process.
keyword : communicative approach, planning, implementation, evaluation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.