PENGARUH MINAT, MOTIVASI, SIKAP, DAN INTELEGENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS AKSARA BALI PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 4 SINGARAJA

NI LUH RASMINI ., PROF.DR. I NENGAH SUANDI, M.Hum ., PROF. DR. I NENGAH MARTHA, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat, motivasi, sikap, dan inteligensi terhadap hasil belajar menulis aksara Bali pada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah sampel 64 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakanmetode kuesioner (angket), dan metode tes. Data minat belajar, motivasi siswa, dan sikap siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner. Sedangkan inteligensi dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes.Data dianalisis dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat terhadap hasil belajar menulis aksara Bali siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja dengan koefisien korelasi sebesar 0,569 dan sumbangan efektifnya sebesar 13,94%, 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar menulis aksara Bali siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja dengan koefisien korelasi sebesar 0,568 dan sumbangan efektifnya sebesar 16,17%, 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap terhadap Hasil belajar menulis aksara Bali SMA Negeri 4 Singaraja dengan koefisien korelasi sebesar 0,579 dan sumbangan efektifnya sebesar 13,05%, 4) terdapat pengaruh yang signifikan antara inteligensi terhadap hasil belajar menulis aksara Bali SMA Negeri 4 Singaraja dengan koefisien korelasi sebesar 0,549 dan sumbangan efektifnya sebesar 16,08%, 5) secara bersama sama, terdapat pengaruh yang signifikan antara minat, motivasi, sikap dan inteligensi terhadap hasil belajar menulis aksara Bali siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,770 dan kontribusinya sebesar 59,2% terhadap hasil belajar menulis aksara Bali siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja.Simpulanpenelitianiniadalahadanyapengaruh yang signifikan antara minat, motivasi, sikap, daninteligensiterhadaphasilbelajarmenulisaksara Bali padasiswakelas X Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja.Denganadanyapenelitianini diharapkan agar siswa bisa mempertahankanbahkanlebihmeningkatkanlagiminat, motivasi, sikap, dan inteligensinyadalampembelajaranmenulisaksara Bali. Bagi guru dengan adanya penelitian ini bisa menunjukan pentingnya menulis aksara Bali di dalam masyarakat dan bisa menentukan media dan model pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran menulis aksara Bali.
Kata Kunci : minat, motivasi, sikap, inteligensi, hasil belajar

This research aimed at knowing the enfluence of interest, motivation, attitude, and intelligence to the achievement of writing balinese transcript of the tenth grade language students of SMA 4 Singaraja. This research belongs to “ex-post facto” consisted of 64 students as the sample. The data was gathered through questionnaire and test. The data of the students interest, motivation, and attitude in learning were gathered through questionnaire, while the intelligence and learning achievement were gathered through test or post test. The data was analyzed by using simple regretion technique, double regretion and partial corelation. The result of the research showed that 1) there was a significance influence between interest and the achievement in writing balinese transcript of the tenth grade language students of SMA 4 Singaraja with corelation coeffitient 0,569 and the efective contribution 13, 94%, 2) there was a significance influence between motivation and the achievement in writing balinese transcript of the tenth grade language students of SMA 4 Singaraja with corelation coeffitient 0,568 and the efective contribution 16, 17%, 3) there was a significance influence between attitude and the achievement in writing balinese transcript of the tenth grade language students of SMA 4 Singaraja with corelation coeffitient 0,579 and the efective contribution 13, 05%, 4) there was a significance influence between intelligence and the achievement in writing balinese transcript of the tenth grade language students of SMA 4 Singaraja with corelation coeffitient 0,549 and the efective contribution 16,08%, 5) there was a significance influence between interest, motivation, attitude, and intelligence and the achievement in writing balinese transcript of the tenth grade language students of SMA 4 Singaraja with corelation coeffitient 0,770 and the efective contribution 59,2%. So from the research it could be concluded that there was a significance influence among the interest, motivation, attitude, and intelligence in writing balinese transcript achievement of the tenth grade language students of SMAN 4 Singaraja. Based on the result of this research it was hoped that the students could maintain even improve much more the interest, motivation, attitude, and intelligence in writing balinese transcript. Further more by this research the teachers can indicate the importance of writing balinese transcript activity in the society and determine the appropriate teaching and learning programme used specially in the activity of writing balinese transcript.
keyword : Interest, Motivation, Attitude, Intelligence, Achievement

Refbacks

  • There are currently no refbacks.