Hajar, Siti (2017), Pilihan Bahasa dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sd pada Keluarga Kawin Campur di Kota Sumbawa. Tesis, Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

SITI HAJAR ., PROF.DR. I WAYAN RASNA, MPd. ., PROF. DR. I NENGAH MARTHA, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bahasa yang dipilih oleh anak-anak sekolah dasar kelas lima dari keluarga kawin campur di kota Sumbawa (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi anak-anak sekolah dasar kelas lima dari keluarga kawin campur di kota Sumbawa melakukan pilihan bahasa dalam berkomunikasi dan (3) mendeskripsikan prestasi belajar bahasa Indonesia di Sekolah anak-anak sekolah dasar kelas lima dari keluarga kawin campur di kota Sumbawa. Penelitian ini menggunakan anak-anak yang berasal dari keluarga kawin campur dan sedang duduk di kelas lima sekolah dasar yang berada di kota Sumbawa sebagai subjek penelitian. Sementara itu, objek penelitian ini adalah pilihan bahasa dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa sekolah dasar kelas lima di kota Sumbawa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode simak dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriftif kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pilihan bahasa anak-anak dari keluarga kawin campur di kota Sumbawa dalam berkomunikasi berubah-ubah pada setiap konteks yang dimasuki, tergantung pada partisipan dan situasi komunikasi; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi mereka melakukan pilihan bahasa pada keluarga, masyarakat, dan sekolah meliputi: partisipan, situasi komunikasi, isi pembicaraan, dan tujuan komunikasi; (3) Harga to 0,17 dan harga tt 1,88 dan 2,41 yang berarti harga to lebih kecil daripada harga tt pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Hal ini menunjukkan pilihan bahasa yang dilakukan anak-anak dari keluarga kawin campur tidak berkontribusi secara positif terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia mereka, yang berarti prestasi tersebut bergantung pada kompetensi kebahasaan dan penguasaan keterampilan berbahasanya dalam bahasa Indonesia.
Kata Kunci : piilihan bahasa, kawin campur

This study aims to (1) describe the language chosen by the fifth grade students of elementary school of mixed married family in Sumbawa (2) describe the factors which influence the fifth grade students of elementary school of mixed married family in Sumbawa in selecting language for communication and (3) describe learning achievement of the fifth grade students of elementary school of mixed married family in Sumbaw. This study used the fifth grade students of elementary school of mixed married family in Sumbawa as a research subject. Meanwhile, the object of this study is the language choice and learning achievement the fifth grade students of elementary school of mixed married family in Sumbawa. The methods used to collect the data were interview, listening, documentation. Data were analyzed using qualitative descriptive technique. The results of this study indicated that (1) the language choice of the fifth grade students of elementary school of mixed married family in Sumbawa in communication is changing in each context, depending on the participants and communication situation; (2) the factors which influence them to choose the language in family, community, and school are: participants, communication situation, content of the conversation, and communication purpose; (3) The value of to 0.17 and the value of tt 1.88 and 2.41 mening that the value of to is less than the value of tt at the significance level of 5% and 1%. This shows that the language choice of the fifth grade students of elementary school of mixed married family do not contribute positively to their learning achievement of Indonesian, meaning that the achievement depends on linguistic competence and mastery of language in Indonesian.
keyword : Language Choice, Mixed married

Refbacks

  • There are currently no refbacks.