PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAILKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI

Ni Made Anggara Wati, I Wayan Rasna, I Nengah Martha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi siswa setelah menerapkan model pembelajaran PAILKEM dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, (2) langkah-langkah penerapan model pembelajaran PAILKEM dalam menulis teks eksplanasi, dan (3) respon siswa setelah menerapkan model pembelajaran PAILKEM dalam menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MM SMK PGRI 3 Badung. Penelitian tindakan kelas dalam dua siklus ini terdiri dari lima komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa 38 kelas XI MM SMK PGRI 3 Badung. Metode pengumpulan data yang digunakan, yakni tes, observasi, dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskiptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Adapun 3 hasil analisis data yang diperoleh, yakni (1) hasil tes prasiklus mencapai rata-rata 69, selanjutnya pada siklus satu terjadi peningkatan 7 poin menjadi 76, dan siklus dua meningkat 9 poin menjadi 85. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 80, (2) langkah-langkah penerapan model pembelajaran PAILKEM, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup dan (3) pembelajaran PAILKEM dapat meningkatkan respon siswa, rata-rata siklus satu 43 (positif) dan meningkat 2% pada siklus dua menjadi 45 (sangat positif). Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAILKEM dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MM SMK PGRI 3 Badung tahun pelajaran 2019/2020 meningkat. Saran dalam penelitian ini adalah guru senantiasa menggunakan secara berkesinambungan model pembelajaran PAILKEM dalam memproduksi teks eksplanasi.

 

Kata kunci: Menulis; PAILKEM; Teks Eksplanasi


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Azriani, Siska. 2017. Peningkatan Keterampilan MenulisTeks Eksplanasi Menggunakan Strategi Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Pada Siswa Kelas XI IPS 1 Man Godean Sleman Yogyakarta, 1 Juli 2019

Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Fadilah, Ike Verawati. 2014. Penerapan Model PAILKEM untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X di MA AT-Thohiriyah Ngantru Tahun Pelajaran 2013/2014, 27 Juli 2019.

Jiwandani, Wahyu Indah. Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ekplanasi Melalui Teks Berita Menggunakan Metode STAD pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2016/2017, 23 Juli 2019.

Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kosasih, Engkos. 2016. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Muslikah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran PAILKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Paeserta Didik Kelas VI SDN 2 Subontoro Boyolangu Tulungagung, 23 Juli 2019.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Saleh. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Model STAD pada Siswa SMA, 23 Juli 2019.

Salfera, Novi. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VII, 20 Juli 2019.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa.

Uno, Hamzah dan Mohamad Nurdin. 2014. Strategi Pembelajaran PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.