MENUMBUHKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Ni Luh Sri Ernawati, I Wayan Rasna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya menumbuhkan keterampian menyimak peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan objek penelitian adalah keterampian menyimak. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kualitatif.  Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan analisis deskriptif, dengan menggunakan instrumen berupa catatan dokumentasi. Proses analisis dilakukan setelah data-data dikumpulkan berdasarkan instrumen penelitian dengan deskriptif kualitatif. Kemudian peneliti melakukan studi dokumentasi (document study) yaitu mengkaji berbagai literatur yang relevan yang berhubungan dengan upaya penumbuhan keterampilan menyimak. Tahapan analisis data meliputi (1) reduksi data (memilah-milah data yang sesui digunakan sebagai data penelitian), (2) penyajian data (menguraikan data dan hasil analisis yang didapat secara dekriptif), dan (3) penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan keterampilan menyimak peserta didik dalam pembelajaran yaitu dengan (1) menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, (2) menggunakan bahan ajar yang relevan, (3) melaksanakan evaluasi yang tepat. Kesimpulan dalam penelitian ini mencakup (1) dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses mengajar mampu mempermudah komunikasi guru dengan peserta didik sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menyimak peserta didik. (2) Penggunaan bahan ajar yang tidak sukar atau tidak mudah, mampu menarik perhatian peserta didik, dan disusun secara sistematis mampu membantu siswa dalam mencapai kompetensi dasar sesuai kurikulum pendidikan. (3) Membuat alat tes yang tepat merupakan salah satu cara dalam mengevaluasi keterampilan menyimak.

 

Kata kunci: Bahasa Indonesia; Keterampilan Menyimak; Pembelajaran; Peserta Didik

 


Full Text:

PDF

References


Adam. Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Dalam CBIS Journal, Volume 3 No 2: 79

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djiwandono, M.S. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB Bandung.

Field, J.2009. Listening in the language classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan, Bandung: Citra Adtya Bakti.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Haryadi dan Zamzami. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Iskandarwassid dan Sunendar D. 2007. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Janesick, V. J. (2001). The assessment debate: a reference handbook. California: ABC-CLIO,Inc

Mudhofir. (1993). Teknologi Intruksional, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Pannen P dan Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta:Depdiknas.

Purwono. Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.2, No.2: 127

Rosdiana, E., Kusmariyatni, N. N., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1-11.

Saddhono, K. & St. Y. Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumberharjo. Putra, dkk. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas. Dalam Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 7 No 3:24

Supriyadi. 2013. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo. UNG Press Gorontalo.

Tarigan, H. G. 2008. Menyimak Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ur, P.1984. Teaching Listening Comprehension. Cambridge: Cambridge University Press.

Van Duzer, C. 1997. “Improving ESL Learners' Listening Skills: At the Workplace and Beyond”. http://www.cal.org/caela/esl_ resources/digests/LISTENQA .html. Bandung, 4 Februari 2013.

Wendra, I Wayan. 2014. Penulisan Karya Ilmiah (Buku Ajar). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2016). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: SPs UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Agustini, P. P., Kristiantari, M. R., & Putra, D. K. N. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada Siswa Kelas V Sdn 8 Sumerta. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.