The Analysis of the Factors Affecting Undergraduate Students’ Difficulties in Writing Thesis in the English Department of Mahasaraswati University.

LUKI ARIMESTI DWIHANDINI ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA ., Drs. I Wayan Suarnajaya,MA., Ph.D. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan mahasiswa dalam penulisan skripsi. Penelitian ini mengikuti penelitian deskriptif yang dikemukakan oleh Sapsford (di Cohen, Manion and Morrison, 2007: 209) yang meliputi definisi masalah, penyeleksian sampel, desain pengukuran, dan fokus partisipan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa dari departemen bahasa di Universitas Mahasarwati. Data dikumpulkan melalui lembar penilaian para ahli, kuesioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini mengidentifikasikan tiga faktor utama yang memengaruhi kesulitan siswa dalam menulis skripsi. Pertama, faktor psikologis yang meliputi kekurang percayaan diri dalam memutuskan judul skripsi, memiliki pengetahuan dasar mengenai topik skripsi, dan menulis skripsi yang baik. Kedua, faktor sosial budaya yang meliputi kemampuan untuk menghubungkan dan membentuk kalimat menjadi penulisan skripsi yang baik, untuk memiliki pengetahuan yang baik dalam penulisan skripsi, dan untuk memahami budaya akademik di jurusan atau universitas mengenai penulisan skripsi. Akhirnya, faktor ketiga adalah faktor linguistik yang terdiri dari kesulitan dalam mengurangi kesalahan penggunaan tata bahasa dalam penulisan skripsi, dan dalam mengetahui dan/atau memutuskan bagian tata bahasa mana yang seharusnya dihapus, digantikan, ditambahkan dan diatur kembali dalam penulisan skripsi. Penelitian ini memiliki implikasi pada pengajaran menulis akademis, terutamanya dalam penulisan skripsi.
Kata Kunci : Penelitian Deskriptif, Penulisan Skripsi, Faktor Psikologis, Faktor Sosial Budaya, Faktor Linguistik

This study aimed at finding out the factors affecting undergraduate students’ difficulties in writing thesis. This study followed the descriptive survey research proposed by Sapsford (in Cohen, Manion and Morrison, 2007: 209) which involves problem definition, sample selection, design measurement, and concern for participants. The subjects of the study were the undergraduate students in the English Department of Mahasaraswati University. The data were collected through expert judgment sheet, questionnaire, and interview. The findings of the study identified three major factors that affected undergraduate students’ thesis writing. First, psychological factors that comprised lack of confidence in deciding thesis title, having prior knowledge due to thesis topic, and writing a good thesis. Second, sociocultural factors that covered ability to connect and form each sentence into meaningful thesis writing, to have knowledge of proper lexical items and linguistic units, and to have an understanding about the culture department of the university regarding the format of the thesis writing. Finally, the third factor is the linguistic factors that consisted of difficulties in minimalizing grammar error, and in knowing and/or deciding the grammatical items which should be deleted, replaced, supplied and reordered. This study has an implication to academic writing pedagogy, especially in thesis writing.
keyword : Descriptive Survey, Thesis Writing, Psychological factors, Sociocultural factors, Linguistic factors

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.