Pengaruh Konseling Behavioral Strategi Self Management dan Teknik Shaping Terhadap Self Defference Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mengwi

NI MADE ARINI ., PROF.DR.I KETUT DHARSANA,M.Pd. ., PROF. DR. NI KETUT SUARNI, M.S .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Teori Konseling Behavioral Strategi Self Management dan Teknik Shaping Terhadap Self Deffrence Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa.Disain penelitian the posttes-only control group design digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah 80 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mengwi tahun pelajaran 2015/2016 yang terbagi dalam empat kelompok. Selanjutnya data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan buku harian. Teknik analisis yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dan uji lanjut menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) apakah terdapat perbedaan tingkat self Defference antara siswa yang diberikan model konseling behavioral pada Strategi Self Management dengan siswa yang diberikan konseling teknik Shaping (Fh= 4,20>Ft = 3,96), (2) apakah terdapat pengaruh interaksi antara implementasi model konseling behavioral pada Strategi Self Manangement dan Teknik Shaping dengan jenis kelamin siswa terhadap Self Defference (Fh= 17,59>Ft = 3,96) ,(3) Pada siswa laki-laki, apakah terdapat perbedaan tingkat self Defference antara siswa yang diberikan konseling behavioral pada Strategi Self Management dengan siswa yang diberikan konseling teknik Shaping (Qh= 21,4>Qt=2,950), (4) Pada siswa perempuan, apakah terdapat perbedaan tingkat self Defference antara siswa yang diberikan konseling behavioral pada strategi self management dengan siswa yang diberikan konseling teknik shaping (Qh= 78,9> Qt =2,950).
Kata Kunci : Strategi Self Management, teknik Teknik Shaping, Self Defference

This study aims to determine the effectiveness of Behavioral Counseling Theory Self Management Strategies and Techniques Shaping Against Self Deffrence Seen From Gender Siswa.Disain the posttes research-only control group design used in this study. The sample was 80 students of class VII SMP Negeri 1 Mengwi 2015/2016 academic year is divided into four groups. Furthermore, the data in this study were collected through observation, interviews, questionnaires and diaries. The analysis technique used is ANOVA two lanes and a further test using the Tukey test. The results showed that: (1) whether there are differences between students' levels of self defference given model of behavioral counseling on Self Management Strategy with students given counseling Shaping techniques (Fh = 4.20> Ft = 3.96), (2) whether there are significant interactions between behavioral counseling model implementation on self Manangement Strategies and Techniques Shaping the gender of students to self defference (Fh = 17.59> Ft = 3.96), (3) in the male student, whether there are differences in the level of self defference between students given behavioral counseling on self Management Strategy with students given counseling Shaping techniques (Qh = 21.4> Qt = 2.950), (4) in the female students, whether there are differences between students' levels of self defference given behavioral counseling on self-management strategies with students given counseling shaping techniques (Qh = 78.9> Qt = 2.950).








keyword : Self Management Strategies, techniques Shaping Techniques, Self defference

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.