EFEKTIVITAS TEORI KONSELING KOGNITIF DENGAN TEKNIK RESTRUCTURING COGNITIVE DAN TEKNIK REFRAMING TERHADAP SELF EXHIBITION DI KELAS X SMK NEGERI 1 TEGALLALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui dan menganalisis efektivitas teori konseling kognitif dengan teknik restructuring cognitive dan teknik reframing terhadap self exhibition ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas X SMK Negeri 1 Tegallalang . Rancangan penelitian menggunakan two factorial design dengan jumlah sampel 80 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data penelitian diolah menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat perbedaan self exhibition antara siswa yang mendapatkan konseling kognitif dengan teknik restructuring cognitive dan teknik reframing. (FA = 7,78 dengan p < 0,05), 2) terdapat perbedaan self exhibition antara siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. (FB = 5,04 dengan p < 0,05), 3) terdapat pengaruh interaksi antara konseling kognitif dengan teknik restructuring cognitive dan teknik reframing dengan jenis kelamin terhadap self exhibition. (FAB= 5,19 dengan p < 0,05, 4) terdapat perbedaan self exhibition pada siswa yang berjenis kelamin laki-laki jika diterapkan teknik restructuring cognitive dan teknik reframing. (Q= 5,11 dengan p < 0,05), 5) terdapat perbedaan self exhibition pada siswa berjenis kelamin perempuan jika diterapkan teknik restructuring cognitive dan teknik reframing.  (Q = 5,06 dengan p < 0,05), 6 terdapat perbedaan self exhibition antara siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan jika diterapkan konseling kognitif dengan teknik restructuring cognitive. (Q = 4,52 dengan p < 0,05), dan 7) terdapat perbedaan self exhibition antara siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan jika diterapkan konseling kognitif dengan teknik reframing. (Q = 4,96 dengan p < 0,05
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
