EFEKTIVITAS TEORI KONSELING KOGNITIF DENGAN TEKNIK RESTRUCTURING COGNITIVE DAN TEKNIK REFRAMING TERHADAP SELF EXHIBITION DI KELAS X SMK NEGERI 1 TEGALLALANG

Ni Made Seni Antari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengetahui dan menganalisis efektivitas teori konseling kognitif dengan teknik restructuring cognitive dan teknik reframing terhadap self exhibition ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas X SMK Negeri 1 Tegallalang . Rancangan penelitian menggunakan two factorial design dengan jumlah sampel 80 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data penelitian diolah menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat perbedaan self exhibition antara siswa yang mendapatkan konseling kognitif dengan teknik restructuring cognitive dan teknik reframing. (FA = 7,78 dengan p < 0,05), 2) terdapat perbedaan self exhibition antara siswa yang berjenis kelamin  laki-laki dan perempuan. (FB = 5,04 dengan p < 0,05), 3) terdapat pengaruh interaksi antara konseling kognitif dengan teknik restructuring cognitive dan teknik reframing dengan jenis kelamin terhadap self exhibition. (FAB= 5,19 dengan p < 0,05,  4) terdapat perbedaan self exhibition pada siswa yang berjenis kelamin laki-laki jika diterapkan teknik restructuring cognitive dan teknik reframing. (Q= 5,11 dengan p < 0,05), 5) terdapat perbedaan self exhibition pada siswa berjenis kelamin perempuan jika diterapkan teknik restructuring cognitive dan teknik reframing.  (Q = 5,06 dengan p < 0,05), 6 terdapat perbedaan self exhibition antara siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan jika diterapkan konseling kognitif dengan teknik restructuring cognitive. (Q = 4,52 dengan p < 0,05), dan 7) terdapat perbedaan self exhibition antara siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan jika diterapkan konseling kognitif dengan teknik reframing. (Q = 4,96 dengan p < 0,05


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License


Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.