PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DAN TEKNIK SHAPING TERHADAP SELF-INTRACEPTION SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TABANAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan efektivitas antara konseling behavioral dengan teknik modeling dan konseling dengan teknik shaping terhadap self-intraception, (2) adanya pengaruh interaksi antara model konseling behavioral dengan jenis kelamin terhadap self-intraception, (3) adanya perbedaan efektivitas antara konseling behavioral dengan teknik modeling dan konseling behavioral dengan teknik shaping terhadap self-intraception pada siswa perempuan, dan (4) adanya perbedaan efektivitas antara konseling behavioral dengan teknik modeling dan konseling behavioral dengan teknik shaping terhadap self-intraception pada siswa laki-laki. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tabanan Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan“two way anova faktorial designâ€. Pengujian hipótesis penelitian menggunakan análisis dua jalur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara konseling behavioral dengan teknik modeling dan konseling behavioral dengan teknik shaping dilihat dari nilai rerata self-intraception antara siswa yang mengikuti konseling behavioral dengan teknik modeling sebesar 164,36 lebih tinggi dari pada nilai rerata rerata self-intraception antara siswa yang mengikuti konseling dengan teknik shaping sebesar 157,39, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model konseling behavioral dengan jenis kelamin terhadap self-intraception, (3) terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara konseling behavioral dengan teknik modeling dan konseling behavioral dengan teknik shaping terhadap self-intraception pada siswa perempuan, dan (4) terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara konseling behavioral dengan teknik modeling dan konseling behavioral dengan teknik shaping terhadap self-intraception pada siswa laki-laki.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JBKI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JBKI in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JBKI are required to cite the original source, including the author's names, JBKI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JBKI held the first publication right.
